Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

10 VIDEO IKLAN PALING INSPIRATIF SEPANJANG MASA



Iklan merupakan media bagi perusahaan untuk memasarkan produknya baik itu berupa barang maupun jasa. Kebanyakan iklan yang tayang merupakan iklan yang langsung memasarkan produknya. Misalnya iklan obat batuk, maka sobat akan melihat orang yang minum obat batuk, iklan mi instan sobat akan melihat talent atau bintang iklannya makan mi instan. Namun ada sebagian kecil iklan yang tidak langsung memasarkan produknya. Alih-alih promosi secara langsung produk yang dijualnya, perusahaan-perusahaan ini justru membuat iklan yang bukan hanya berhasil menjual, namun juga inspiratif dan menyentuh hati penontonnya, dan tentu saja akan lebih diingat. Berikut ini adalah 10 video iklan yang paling inspiratif sepanjang masa:

10. Everlast "Greatness is Within"


Everlast adalah perusahaan yang menjual berbagai peralatan, aksesoris, alas kaki, dan lain-lain untuk keperluan olahraga khususnya tinju. Pada iklan ini menceritakan seorang remaja yang berlatih tinju dengan keras. Ia senantiasa didampingi oleh adiknya. Ia berlatih dengan tekun hingga saat pertandingan yang sesungguhnya digelar. Setelah melalui pertarungan yang sengit, ia akhirnya berhasil keluar sebagai juara. Sepulangnya dari pertandingan tadi, ada seorang remaja yang berusaha untuk meminta uang dengan paksa. Mungkin kita akan mengira remaja petinju tadi pasti akan memukuli habis orang yang meminta uang dengan paksa tadi. Namun ternyata salah. Petinju muda tadi justru memberikannya uang. Setelah pergi, sang adik pun bertanya, "kenapa tidak kau pukul saja?", lalu kakaknya tadi menjawab, "Ia lapar". Iklan ini pun diakhiri dengan tagline "Boxing Makes You Bigger".


9. AXE "Peace"


Tentu kita tahu Axe adalah perusahaan yang menawarkan produk deodoran. Iklan Axe kali ini mengusung tema perdamaian. Di mana diceritakan pada iklan ini situasi seperti akan terjadi perang. Lalu kemudian perang tersebut tidak terjadi yang diganti dengan perdamaian. Iklan ini berusaha untuk mengambil berbagai latar belakang negara, seperti Asia, Arab, Barat, dan negara Korea. "Make Love, Not War" adalah tagline yang tayang pada akhir pada iklan ini.


8. Monster "Are You Reaching Your Potential"


Monster "Your Calling Is Calling" adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa lowongan kerja, kesempatan berkarir, intinya tempat orang-orang menjari pekerjaan. Situsnya merupakan salah satu situs terbesar di Amerika Serikat tempat pencari kerja. Nah, iklan Monster kali ini mengususng tema "Are You Reaching Your Potential" menceritakan tentang burung bangau yang menyelamatkan seorang bayi. Burung bangau ini melewati banyak halangan, rintangan, dan hambatan dalam menyelamatkan bayi ini. Hingga akhirnya bangau tadi menaruh bayi tersebut di depan pintu sebuah rumah. Beberapa tahun kemudian, bayi tadi tumbuh menjadi pria dewasa. Pria tadi bekerja di ruangan sempit dan kelihatannya amat tidak menikmati pekerjaannya tersebut. Sang bangau pun melihat pria tadi yaitu bayi yang diselamatkannya dulu dengan wajah sedih kemudian tertunduk karena kecewa. Iklan ini ingin mengingatkan kita apakah kita telah mencapai potensi terbesar dari diri kita? Atau hanya menjalani hidup sekedarnya. Benar-benar inspiratif!


7. Nike "The Jogger"


Seperti kita tahu, Nike adalah salah satu perusahaan sepatu yang cukup rajin membuat iklan inspiratif. Iklan Nike kali ini bertema Jogger alias pelari joging. Dalam iklan ini, dari awal hingga akhir kita hanya akan melihat pelari joging yang sedang berlari mulai dari kejauhan hingga mendekat diiringi dengan suara narasi seorang pria sebagai latarnya. Inti dari iklan ini adalah masing-masing dalam diri seseorang terdapat kehebatannya. Nah, tugas kita adalah menemukan kehebatan dalam diri kita itu. Maka tak heran iklan ini mengusung tema kuat yaitu Find Your Greatness.


6. Ram Trucks "Farmer"


Ram Trucks adalah perusahaan truk-truk besar di Amerika Serikat. Dalam iklan ini, Rum Trucks mengambil tema besar yaitu farmer atau petani. Iklan ini didedikasikan untuk para petani. Oleh karena itu taglinenya adalah Farmer in All Of Us. Iklan yang berdurasi lumayan panjang ini menampilkan slide-slide gambar yang muncul secara teratur dan bergantian dengan latar suara narator di belakangnya.


5. Pfizer "Be Brave"


Pfizer adalah eprusahaan internasional yang bergerak dalam bidang kesehatan yang berpusat di New York Amerika Serikat. Iklan Pfizer ini cukup menyentuh. Tanpa kata-kata dan narasi apa pun penonton akan diajak untuk mengerti dengan sendirinya inti cerita dari iklan yang ditampilkan. Jadi ceritanya ada seorang kakak laki-laki yang setiap malam pergi keluar rumah. Ia terlihat mencoret-coret dinding rumah para tetangganya. Sesampainya di rumah, ternyata adik perempuannya sakit. Ia pun menaruh vas bunga di dekat adiknya yang terbaring lemah di atas tempat tidur ditemani sang ibu. Kemudian kakak tadi membuka jendela kamar adiknya, dan terlihatlah graviti indah yang ternyata dibuat oleh sang kakak setiap malam untuk memberi semangat pada adiknya yang sakit. Iklan ini benar-benar menyentuh. Tagline akhirnya adalah Sometimes it Takes More than Medication.


4. Nike "Just Do It"


Nike terkenal dengan slogan just do it nya. Iklan Nike kali ini pun mengusung tema tersebut. Pesan "just do it" benar-benar kental terasa dalam iklan ini. Dimulai dari adegan seorang wanita yang berlari joging. Kemudian pesannya, jika mampu berlari ribuan kilometer, maka ikutlah lomba lari. Jika hebat dalam tenis meja, ikut perlombaan tenis meja. Jika hebat dalam tenis, sekalian lawan Serena Williams hehe.. Kalahkan pemain basket terkenal kalau kau memang jago di basket. Kalau pintar berkelahi, sekalian lawan orang yang lebih besar darimu, sekalian ikut pertaruangan tinju. Jadilah juara, just do it. Iklan pun ditutup dengan kata-kata : That's nice. Good luck with that!


3. TrueMove "Giving"


Iklan asal Thailand ini akan membuat sobat terharu. Iklan yang dibuat oleh TrueMove ini, oya TrueMove adalah sebuah perusahaan jasa telekomunikasi yang cukup terkenal di Thailand telah berhasil ditonton oleh jutaan viewer di Youtube. Mengususng tema giving atau memberi, iklan ini sukses menyampaikan pesan arti dari sebuah pemberian. Diceritakan dalam video tersebut, ada seorang anak yang mencuri obat karena terpaksa. Ibunya sakit. Ia pun dimarahi habis-habisan oleh pemilik toko. Tidak jauh dari sana, ada seorang penjual mie atau sup dan putrinya yang iba pada anak ini. Ia pun membayar obat yang dicurinya tadi, dan juga memberikannya sekantung sup sayuran. Waktu pun berlalu. 30 tahun kemudian, sang penjual mi tadi sudah semakin tua namun tetap saja berjualan dibantu oleh putrinya yang sudah menjadi dewasa. Tiba-tiba saat sedang berjualan, penjual tadi terjatuh dan kepalanya membentur meja. Ia pun dilarikan ke rumah sakit. Ternyata biaya pengobatannya amat mahal. Putrinya tadi bahkan harus menjual rumah tempat mereka berjualan tadi demi mengobati sang ayah. Namun tiba-tiba pada suatu hari, putri penjual tadi mendapati bill rumah sakit yang menyatakan bahwa tagihan atas pengobatan ayahnya 0 Bath. Tertera di tagihan tadi bahwa semua pembayaran sudah lunas, dibayar 30 tahun yang lalu dengan obat dan sebungkus mi sayuran. Putri penjual tadi pun ingat akan anak yang pernah ditolong ayahnya, dan menangis terharu. Benar-benar mengharukan ya.


2. Jordan "Failure"


Iklan ini dibintangi oleh Michael Jordan. Siapa tidak kenal Jordan? Ia pebasket legendaris paling terkenal di dunia. Iklan yang cukup singkat ini dimulai ketika Jordan turun dari mobil hingga terakhir memasuki sebuah pintu. Sambil berjalan, ada narator yang berbicara yaitu Jordan sendiri. Jordan menuturkan bahwa Dia telah melewatkan 9000 tembakan selama karir basketnya, 300 pertandingan kalah, selalu gagal dan gagal. Itulah sebabnya aku sukses. Begitu bunyi kata-kata Jordan dalam iklan ini. Begitu inspiratif. Jordan ingin memberitahukan bahwa ia yang juara dunia saja, bisa gagal. Namun karena kegagalan-kegagalan itulah yang membentuk suksesnya kini.


1. Thai Life "Kindness"


Iklan paling inspiratif terakhir datang dari Thai Life dari Thailand. Mengusung tema kebaikan, iklan ini berhasil mendapatkan viewer jutaan di Youtube. Iklan ini bercerita tentang seorang pemuda yang melakukan kebaikan-kebaikan yang kelihatannya hanya kecil sekali. Misalnya, ia memberikan sedekah pada anak kecil yang tidak bersekolah karena kekurangan biaya, membantu ibu-ibu yang mendorong gerobak dagangannya, memberi makan anjing liar setiap makan siangnya, menaruh setandan pisang di pintu tetangganya yang sudah tua, menaruh pot bunga yang layu di bawah guyuran air. Ia bukanlah orang hebat, terkenal, apalagi kaya. Ia hanyalah orang biasa. Namun ia melakukan hal-hal luar biasa tadi dengan sukacita. Hasilnya, anak yang tadi diberi sedekah mampu bersekolah, tanaman layu tadi menjadi berbunga, bahkan anjing liar yang diberi makan saat makan siangnya tadi menjadi bersahabat dan mengikutinya saat perjalanan pulang. Ia memang tak mendapatkan materi untuk semua kebaikan-kebaikannya itu, namun ia mendapatkan yang lebih besar, yaitu cinta.


Itulah tadi 10 iklan paling inspiratif sepanjang masa. Semoga menginspirasi sobat semua. ^_^


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 VIDEO IKLAN PALING INSPIRATIF SEPANJANG MASA"

Post a Comment