Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

9 TRIK PROMOSI GILA TANPA BIAYA



Siapa yang tidak ingin tokonya atau bisnisnya ramai pengunjung dan pembeli? Dengan pengunjung dan pembeli yang meningkat maka bisnis kita otomatis juga akan maju dan tentu saja siap-siap mengantongi omzet besar tiap harinya. Bnayak perusahaan yang melakukan promosi-promosi yang berguna untuk memasarkan produknya. Ada promosi yang menelan biaya yang tidak sedikit, ada pula promosi yang hanya memerlukan sedikit biaya, bahkan ada beberapa diantaranya yang bisa dilakukan secara gratis asalan tau teknik dan triknya. Nah, kali ini sobat akan disuguhi 10 trik promosi paling gila yang terbukti ampuh meningkatkan pengunjung. Mau tahu? Yuk, disimak.

1. Karangan Bunga


Jika ingin membuka toko, maka pesanlah karangan bunga yang berisi ucapan selamat. Lalu pajang di depan toko. Kita bisa membeli sendiri atau patungan bersama rekan-rekan untuk membeli papan bunga tadi. Dengan begitu maka, papan bunga tadi bisa digunakan berkali-kali tinggal mengganti namanya saja hehe.. kreatif kan? Di papan bunga tadi bisa ditulis selamat dan sukses atas pembukan toko bla bla bla dari si Robert Pattinson misalnya #becanda. Padahal papan bunga yang banyak ini kita beli sendiri. Toh tidak ada yang tahu kan? Dengan papan bunga yang banyak dipasang di depan toko atau bisnis kita tadi maka otomatis pengguna jalan akan tahu kalau di jalan itu ada toko yang baru buka. Media promosi murah meriah dan cukup efektif. Karangan bunga yang disimpan tadi bisa untuk dipakai lain waktu, yang artinya tidak mengeluarkan biaya lagi.

2. Foto Tokoh Terkenal


Sobat pernah makan di sebuah restoran atau cafe kemudian terpajang di dindingnya foto orang terkenal entah itu artis atau pejabat? Nah trik promosi ini sebenarnya amat ampuh lho. Jika ada tokoh terkenal yang mampir ke tempat bisnis sobat, atau bahkan diantaranya memang sengaja diundang, maka mintalah berfoto bersama kemudian pasang foto tersebut. Maka orang yang datang ke situ akan berkata wah, presiden aja makannya disini, misalnya. Pasti akan membuat bisnis sobat makin terkenal kan?

3. Titip Nama

Kalau sobat sedang dalam acara seminar, sobat bisa terapkan trik ini. Misalnya saya Leonardo dCaprio dari Pecel Lele Gila, hehe.. Nah, maka otomatis para peserta seminar tersebut akan tahu dengan bisnis sobat. Bisa juga misalnya nih saat mengirimkan sms, maka bisa diselipkan nama bisnis kita. Atau bisa juga saat memberi komentar misalnya di blog ini, setelah berkomentar berikan nama sobat di bawahnya dari Majalah Sobek misalnya, hehe.. #becanda. Nah dengan melakukan hal-hal ini, yang kelihatannya sepele dan bisa dilakukan dengan gratis, nama usaha sobat bisa makin dikenal. Tapi jangan nyepam juga ya..

4. Sisipkan Nomor


Sobat bisa buat kalender yang tentunya akan dipajang dalam waktu yang lama, yah minimal disimpan baik oleh konsumen sobat. Di kalender kan pasti tersisip nomor telepon. Atau bisa juga karena sekarang sudah banyak website dan blog, sobat bisa memfoto bisnis sobat kemudian di foto tersebut diberi nomor telepon. Jadi saat orang-orang mencari di google images maka foto bisnis sobat beserta nomor teleponnya akan terpajang. Ini akan lebih memudahkan orang untuk menghubungi bila diperlukan sewaktu-waktu.

5. Lemming Effect


Pernahkah sobat datang ke sebuah soft opening toko? Apakah sangat ramai? Nah, itu yang disebut lemming effect. Toko atau bisnis tersebut biasanya memiliki trik untuk melakukan lemming effect ini. Mereka sengaja membuat ramai pembukaan toko mereka, entah mengajak teman, keluarga, saudara, pokoknya harus terlihat ramai dan semarak saat pertama kali dibuka. Mereka meminta teman-temannya yang menganggur untuk menuh-menuhin toko, melakukan hilir nudik yang terkesan , wah tokonya ramai. Bahkan sebuah mall di kota Solo bela-belain menghadirkan ratusan pembalap adu kebut di dalam mall untuk menarik minat pengunjung mall pada opening mallnya. Kenapa? Karena biasanya orang-orang atau calon konsumen tadi lebih tertarik pada toko atau bisnis yang terlihat ramai. Dampak dari lemming effect ini bisa menjadikan bisnis ramai makin ramai dan sebaliknya bisnis yang kalau pembukaannya saja sepi, maka akan sepi seterusnya.

6. Klien Pertama

Klien pertama ini bisa mempengaruhi konsumen-konsumen berikutnya. Mau contoh? Misalnya sobat membuka usaha bordir baju. Nah, maka carilah perusahaan yang cukup ternama untuk menjadi klien pertama bisnis sobat. Tawarkan harga rendah, kalau perlu gratis, pokoknya gimana caranya mereka menggunakan jasa sobat. Nah, misalnya dapatlah orderan dari sekolah A. Sekolah A ini kebetulan sekolah bertaraf internasional. Nah, seterusnya sobat bisa terus menggunakan nama besar sekolah tadi pada brosur atau website sobat. Katakan saja, sekolah internasional A pernah memakai jasa bordir bisnis sobat. Gimana? Oke kan?

7. SMS Request

Masih sering dengar radio? Nah saat kita merequest sebuah lagu di stasiun radio biasanya kan akan disebutkan dari mana asal sms tadi dan untuk siapa. Ini bisa kita manfaatkan untuk memperkenalkan brand kita. Misalnya nih, request lagu Darah Muda Rhoma Irama spesial untuk karyawan toko GueFlorist yang lagi sibuk terima orderan. Lagunya tidak penting, yang penting penting GueFlorisnya sudah dikenal oleh pendengar radio. Biayanya nyaris nol kan? Apalagi sekarang banyak bertebaran sms-sms gratisan.

8. Konter Informasi

Hampiri konter informasi di mall kemudian katakan pada petugas yang jaga di sana, "Pak, tolong panggilkan teman saya Pak Umar. Isinya Pak Umar dari Katering Putri Bungsu ditunggu kehadirannya segera di pusat informasi". Trik ini terbukti ampuh. Orang juga tidak akan mengetahui bahwa sobat sendirilah sebenarnya pemilik katering tadi.

9. Bisikkan Pelanggan


Nah kalau yang ini sukses diterapkan Mbah Mo. Pemilik Bakmi Mbah Mo yang terletak di Bantul ini memiliki cara promosi yang unik. Ia akan berpromosi dan bilang bahwa Bakmi Mbah Mo enak sekali lho. Dari percakapan dan obrolan ringan tadi maka orang-orang akan datang ke Bakmi Mbah Mo tadi karena penasaran akan Bakmi Mbah Mo yang dibilang orang enak. Padahal orang tadi tidak tahu bahwa yang membisiskkan tadi adalah Mbah Mo sendiri.

Nah itulah trik-trik promosi gila yang bisa sobat lakukan dengan modal sangat minim bahkan tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. Trik ini diambil dari Marketing is Bullshit dengan perubahan seperlunya. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 TRIK PROMOSI GILA TANPA BIAYA"

Post a Comment