Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Asal Usul dan Arti Makna Tersembunyi Logo Alibaba



Sebuah logo memiliki arti penting bagi sebuah perusahaan ataupun bisnis. Selain sebagai identitas, tentu juga sebagai pembeda dari perusahaan lain. Logo-logo perusahaan ada yang berbentuk sederhana saja, ada pula yang rumit bahkan memiliki makna tersembunyi. Nah, kali ini saya akan mengajak sobat untuk melihat asal usul dan makna dari nama Alibaba yang merupakan perusahaan e-commerce terbesar di China saat ini. Perusahaan yang berpusat di Hangzhou, China ini didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999.

Jack Ma mendapatkan nama Alibaba karena terinspirasi dari cerita Alibaba and The Fourty Thieves yaitu cerita yang diambil dari kumpulan cerita-cerita Arab yaitu kisah 1001 malam. Ternyata Jack Ma yang dulunya adalah seorang guru bahasa Inggris ini menyukai nama Alibaba karena dalam cerita tersebut Alibaba digambarkan sebagai sosok yang baik, orang yang pandai dalam berbisnis, dan suka membantu orang-orang di kampungnya. Nah, dari sanalah Jack Ma terinspirasi akan nama Alibaba dan menjadikannya nama untuk bisnisnya tersebut.


Ada hal menarik saat Jack Ma "menguji coba" nama tersebut. Saat wawancara untuk program CNN Talk Asia tahun 2006 lalu, Jack Ma mengungkapkan bahwa ia sempat melakukan uji coba pada nama tersebut. Saat ia di sebuah coffee shop di San Fransisco, Jack Ma menanyai pelayan di sana apakah familiar dengan nama "Alibaba". Ternyata pelayan coffee shop tersebut familiar dengan nama tersebut. Karena penasaran, akhirnya Jack Ma memutuskan untuk menanyai secara acak orang-orang yang lewat di jalanan, apakah mereka tahu nama Alibaba. Ternyata semua orang tahu dengan nama tersebut, tak peduli apa pun latar belakangnya, semua orang mengenal nama Alibaba. Sobat tahu ide dari nama Alibaba ini adalah bahwa konsumen dapat menemukan "harta karun" dalam websitenya. Mungkin maksudnya di sini adalah konsumen yang masuk ke website Alibaba bisa menemukan rangkaian produk-produk yang bernilai dan berharga.


Sementara itu, logo Alibaba juga memiliki arti dan makna tersembunyi di dalamnya. Logo Alibaba yang begitu dominan warna orange ini menggambarkan antusiasme dan semangat. Sementara itu, pada huruf a yang digambarkan seperti karakter wajah orang tersenyum menghadap sebelah kiri itu maksudnya adalah harapan perusahaan akan kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan gambar orang tersenyum. Jika kita telisik lagi, idenya sama dengan logo Amazon.com yang juga memiliki karakter orang tersenyum yang tersembunyi pada gambar panah huruf a-z yang sekilas terlihat mirip orang yang tersenyum. Huruf a-z ini juga dapat diartikan sebagai amazon menyediakan produk lengkap dari a-z.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Usul dan Arti Makna Tersembunyi Logo Alibaba"

Post a Comment