Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Sam Walton Sosok Bersahaja Di Balik Sukses Ritel Raksasa Walmart

Sam Moore Walton, Founder Walmart
Pertama kali mengenal sosok Sam Walton dari buku Akuntansi. Di buku tersebut sering sekali membahas mengenai Walmart sebagai studi kasus. Maka saya pun penasaran perusahaan seperti apa Walmart ini. Browsing sana sini akhirnya bertemulah dengan Sam Walton, meskipun tidak bertemu langsung, hehe.. tapi mengenal sosoknya yang sederhana bisa menjadi panutan bagi para entrepreneur. Saya pribadi menyebutnya sebagai guru bisnis ritel.

Sam Walton adalah putra sulung dari Thomas Gibson Walton dan Nancy Lee. Ia lahir di Kingfisher, Oklahoma pada tanggal 29 Maret 1918. Sam Walton adalah seorang entrepreneur dan pengusaha di bidang bisnis eceran atau ritel. Perusahaannya,Walmart merupakan raksasa ritel dunia yang telah melebarkan sayap bisnisnya ke berbagai negara di seluruh dunia. Uniknya nama Walmart bisa berbeda-beda di berbagai negara. Contohnya, di Meksiko dengan nama Walmex, Bodega Aurrera Express, di Brazil dengan nama Toda Dia, Maxxi Atacado,Nacional, BIG, dan Mercadorama, sementara itu di Jepang dikenal dengan Seiyu.

Sam Walton kecil tumbuh dalam masaresesi/depresi ekonomi melanda Amerika. Sam kecil terbiasa membantu ekonomi keluarganya. Dia menjual susu perahan dan membotolkannya kemudian mengantarkannya pada pelanggan. Lain waktu, ia juga mengantarkan koran Columbia Daily Tribune, serta menjual majalah. Sam Walton bersekolah di David H. Hickman High School di Columbia dan lulus tahun 1936. Setelah itu ia terdaftar sebagai mahasiswa di University of Missouri di bidang ekonomi dan lulus tahun 1940.

Hanya berselang 3 hari setelah kelulusannya, ia menjadi management trainee di J.C Penney yaitu toko ritel yang cukup besar di Amerika saat itu. Di J.C Penney lah Sam Walton banyak mendapatkan ilmu dan pengalamannya di bidang bisnis ritel. Setelah bekerja selama 18 bulan, ia berhenti tahun 1942 dengan alasan militer. Ia masuk militer di unit intelijen Angkatan Darat Amerika Serikat.

Pada usia 26 tahun, Sam Walton menjalankan bisnis ritelnya yaitu Ben Franklin yaitu waralaba dari jaringan Butler Brothers di Newport, Arkansas bersama adiknya James Walton (Bud)dengan menggunakan uang tabungannya dan pinjaman dari ayah mertuanya. Oh ya, Sam Walton menikah dengan Helen Robson Kemper pada valentine 1943. Mereka memiliki 4 orang anak yaitu Samuel Robson (1944), John Thomas (1946-2005), James Carr/Jim (1948), dan Alice Louise (1949).

Sam Walton dan keluarga


Kembali lagi ke bisnisnya bersama Ben Franklin, karena tidak memiliki kesesuaian visi dengan pemilik waralaba mengenai diskon pelanggan, akhirnya Sam membuka Walmart pertamanya di Roger, Arkansas. Jika membicarakan mengenai Sam Walton dan Walmartnya maka saya begitu mengingat visinya mengenai kepuasan pelanggannya, penghargaan pada karyawannya. Sampai-sampai ada quote Sam Walton yaitu "Hanya ada satu bos, pelanggan. Ia bisa memecat semua orang di perusahaan dari direktur sampai tukang sapu, hanya dengan membelanjakan uangnya di tempat lain".

Sam Walton dikenal sebagai pribadi yang sederhana. Meskipun memiliki bisnis yang besar dan materi yang berlimpah, itu tidak merubahnya menjadi pribadi yang berbeda. Ia tetap tinggal bersama istrinya di rumahyang dibelinya tahun 1959. Ia tetap mengendarai truk pick up merahnya yang dibelakangnya selalu ada kandang kecil anjing kesayangan Sam Walton yang bernama Ol'roy. Ia juga dikenal sebagai sosok dermawan.

Truk Pick up yang setia menemani Sam Walton


Hanya berselang tiga minggu setelah ia menerima penghargaan Medal of Freedom dari Presiden Amerika Serikat, pada 5 April 1992 hari minggu pagi Sam Walton meninggaldunia di University of Arkansas, Little Rock, Arkansas setelah berjuang melawan pennyakit kanker tulang sumsum dan leukimia yang dideritanya. Sam Walton dimakamkan bersebelahan dengan sang istri yang meninggal pada 19 April 2007 lalu.

Makam Sam Walton dan istrinya










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sam Walton Sosok Bersahaja Di Balik Sukses Ritel Raksasa Walmart"

Post a Comment