Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

TIPS Cara Membuat KONSUMEN Menjadi LOYAL



Dalam dunia bisnis, konsumen adalah motor penggerak. Tanpa konsumen bisnis tentu tidak berkembang, jangankan berkembang bergerak saja tidak. Lha, siapa yang beli kalau tidak ada konsumen. Nah, sebagai pengusaha tentu kita menginginkan konsumen atau pelanggan atau customer atau apa sajalah sebutannya untuk menjadi loyal pada kita. Namun untuk membuat konsumen menjadi loyal tentu bukan perkara mudah. Persaingan antar bisnis dan bahkan hal-hal dalam bisnis tersebut dapat menjadi penghalang untuk membuat konsumen menjadi loyal.

Faktor-faktor yang membuat konsumen menjadi loyal tersebut yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal bisa meliputi harga barang itu sendiri, pelayanan terhadap pelanggan, cara memasarkan barang, serta kualitas barang. Kalau faktor ekternal tentu datang dari para pesaing usaha kita. Banyak ya faktor yang bisa menentukan keloyalan seorang konsumen. Bingung? Sama! hehe.. Nah, karena saya juga masih belajar dalam hal ini, yuk kita pelajari tips bagaimana cara membuat konsumen menjadi loyal. Tips ini bukan sembarang tips. Tips ini berasal dari dewa jualan nomor satu dunia (bukan dewa yang itu, hehe..), salesman nomor wahid dunia yang namanya abadi di Guiness Book of Record sebagai salesman terbaik dunia. Joe Girrard adalah salesman mobil paling sukses dalam sejarah asal Detroit Amerika Serikat. Ia mampu menjual hingga 8 mobil perhari! Perhari! Tolong digaris bawahi ya.. Saat showroom mobil paling hanya mampu menjual 4-5 mobil sebulan, seorang Joe Girrard mampu menjual 8 mobil dalam sehari secara personal. Menjual mobil tentu bukan seperti menjual kacang rebus. Pasti sulitnya setengah mati. Tapi tidak dengan Joe Girrard. Dia bahkan mampu membuat pelanggan yang membeli darinya membeli lagi dan bahkan merekomendasikannya pada orang lain. Kabarnya, untuk bisa membeli mobil dari Girrard pelanggan rela antri. Woww.. sampai begitu loyalnya ya. Lalu bagaimana cara Joe Girrard membuat konsumennya loyal, ini jawabannya:


1. Antusias Menyambut Pelanggan
 


Antusiasme Joe Girrard menyambut customer

Apa yang ada dalam benak sobat jika disambut antusias saat masuk ke dalam toko atau menghubungi penjual (bisnis online)seperti gambar di atas? Tentu senang ya? Nah, inilah yang dilakukan Girrard. Saat customernya datang, ia akan berdiri dan menyambut customernya dengan sambutan yang hangat dan antusias, seperti bertemu dengan teman lama. Bukannya langsung menawarkan produknya, Girrard justru malah lebih dulu bertanya tentang perjalanan customernya tersebut, bagaimana kabarnya, dan sebagainya. Kelihatannya remeh hanya basa basi saja, tapi bila kita melakukannya dengan tulus sepenuh hati, maka hal ini akan membahagiakan konsumen kita dan membuat mereka dihargai dan diperhatikan.

2. Meyakinkan Pelanggan

Sobat tahu Joe Girrard mendapatkan lebih dari 80% repeat order alias lebih dari 80% yang membeli darinya kemudian membeli lagi? Nah, mungkin ini disebabkan karena Girrard mampu meyakinkan pelanggannya. Setelah memberi darinya biasanya Girrard akan bertanya mengapa konsumen tersebut membeli darinya. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan konsumen tersebut. Ditanya seperti ini tentu konsumen akan bercerita mengapa dirinya memutuskan untuk melakukan pembelian. Biasanya jawaban yang keluar merupakan jawaban yang jujur yang tentunya dilakukan setelah proses jual beli terjadi.

3. Memasang Pin

Joe Girrard punya kebiasaan yang unik saat melayani pelanggannya. Ia memasang pin bertuliskan "I LIKE YOU" pada pakaian konsumennya. Ini menimbulkan efek psikologis bahwa tidak ada jarak antara penjual dan pelanggan, sehingga penjual dan pelanggan menjadi semakin dekat.

4. Mengirimkan kartu ucapan

Kebanyakan penjual, jika sudah selesai proses transaksi, maka selesai sudah. Tapi Joe Girrard berbeda. Setiap kali sukses transaksi dengan customernya, maka ia akan mengirimkan kartu ucapan terima kasih yang akan diterima customer tersebut paling lambat 2 hari setelah membeli dari Girrard. Bahkan kabarnya, ia juga tak sungkan untuk memberikan ucapan ulang tahun saat customer-customernya tadi berulang tahun. Bukankah ini bentuk perhatian yang istimewa? Sobat pasti tidak akan melupakan showroom mobil atau sales yang memberikan kartu ucapan selamat ulang tahun di hari ulang tahun sobat. Kesan yang tertanam inilah yang membuat customer Girrard kembali dan kembali lagi.

5. Berfoto Bersama Customer
 


Joe Girrard berfoto bersama customernya di depan mobil baru

Joe Girrard selalu hadir saat penyerahan mobil ke pelanggannya. Ia bahkan berfoto dengan kamera polaroidnya bersama keluarga customernya tersebut. Hal ini tentu akan menimbulkan kesan mendalam bagi customer. Bisa dibayangkan jika ada seseorang yang bertanya "siapa yang ada di foto ini?" maka customer tadi akan bilang, dia Joe Girrard, salesman mobil, orangnya baik sekali. Maka tidak langsung ini menjadi pemasaran gratis lewat word of mouth (wom) yang terbukti ampuh menggaet pelanggan baru.

6. Menelpon pelanggan

Seperti kartu ucapan tadi, sebagian besar bahkan hampir semua penjual tidak akan pernah menelpon kembali customernya. Penjual merasa putus hubungan ketika transaksi jual beli selesai. Sementara itu Joe Girrard berbeda. Dia akan menelpon kembali pelanggannya dan bertanya mengenai mobil baru yang dibeli darinya, apakah ada masalah, apakah ada kendala, dan sebagainya. Bukan itu saja, ia juga bahkan akan memberikan tips-tips bermanfaat seputar mobil. Kelihatannya sepele ya? Tapi percayalah, ini benar-benar berhasil membuat konsumen menjadi loyal

Nah, itulah tips-tips bagaimana cara membuat konsumen menjadi loyal yang saya dapat dari salesman terbaik dunia, Joe Girrard. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS Cara Membuat KONSUMEN Menjadi LOYAL "

Post a Comment