Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Dulu Buka Toko Sekarang Buka Laptop, Geliat Perkembangan Bisnis Online di Indonesia






"If your business is not on the internet, then your business will be out of business"  -Bill Gates

 
Sepenggal quote yang dilontarkan oleh Bill Gates di atas, perlu kita resapi baik-baik. Pendiri Microsoft tersebut sepertinya telah wanti-wanti dan tahu arah perkembangan bisnis di masa depan. Ia telah memberikan sinyal betapa di masa depan perkembangan dunia bisnis akan melesat cepat, informasi akan memegang peranan penting, dan yang tidak menguasainya dan masa bodo akan kenyataan ini siap-siap tertinggal jauh di belakang. Dunia bisnis bergerak sangat cepat saat ini. 

Mau bukti?

Jika dulu kita ingin berbelanja, maka kita harus pergi ke toko atau ke pasar, maka sekarang berbeda. Berkat kemajuan teknologi, saat ini penjual dan pembeli tidak harus bertemu dan bertatap muka langsung untuk terjadinya transaksi. Penjual cukup memajang barang dagangannya di situs belanja, maka konsumen bisa langsung melihat barang tersebut dimana pun dan kapan pun 24 jam sehari. Tidak perlu lagi bermacet-macetan di jalan, bahkan sambil mandi pun bisa belanja hehe.. 

Penjual juga diuntungkan karena tidak perlu menyewa tempat dan sebagainya mereka bisa memulai bisnis. Mereka juga tidak perlu capek-capek menunggu pembeli selain itu juga jangkauan yang luas sampai lintas negara. Beberapa di antara penjual online tadi bahkan ada yang tidak punya stok barang dagangan sama sekali, mereka ini merupakan affiliate yang membantu menjualkan barang orang lain. 

Nah, kemudahan-kemudahan inilah yang kemudian membuat bisnis online mengalami perkembangan yang luar biasa pesat khususnya di Indonesia. Maka istilahnya kalau dulu buka toko, maka sekarang laptop yang dibuka hehe.. 

Kisah-kisah sukses pengusaha online telah seringkali kita temukan. Bahkan kalau namanya ditulis satu-satu di artikel ini, saya jujur gak sanggup ngetiknya sangking membludaknya orang-orang yang sukses lewat jalur bisnis online, ini salah satunya. 

Chloe Purnama, pebisnis online muda sukses

Ada yang sukses jualan jilbab, jualan pakaian, makanan, gadget, sepatu, tas, buku, tanaman hias, apa aja deh bisa dijual online sekarang ini.

Seiring berkembangnya bisnis online ini, kini jasa pengiriman barang juga ikut kena dampak boomingnya bisnis online ini. JNE, Tiki, dan Pos Indonesia adalah jasa pengiriman yang umum digunakan untuk pengiriman pesanan barang-barang online ini sukses raup keuntungan besar tiap tahunnya. 


Tren toko online di Indonesia sebenarnya sudah muncul sejak 2006 lalu. Bahkan pada 2008, perkembangannya mengalami kenaikan pesat berkat pengguna internet yang mencapai angka 25 juta pengguna di tahun tersebut. Kalau kita perhatikan dulu masih banyak kasus penipuan yang dlakukan oleh oknum penjual online, maka Alhamdulillah sekarang hal tersebut makin jarang terjadi. Ini membuktikan makin tingginya kesadaran akan berbisnis online yang dijalankan dengan jujur dan baik.
 

Selain itu didukung pula oleh adanya e-commerce yang menyediakan sarana penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi. E-commerce seperti tokopedia dan bukalapak misalnya memiliki rekening bersama yang akan menjadi mediator dan mengawasi pembayaran dari pembeli ke penjual, setelah barang diterima pembeli barulah penjual akan mendapatkan uang dari penjualannya. Mereka menjamin keamanan bagi pembeli, sehingga pembeli tidak perlu merasa was-was dan khawatir untuk melakukan transaksi. Contohnya seperti proses transaksi di Bukalapak berikut ini :

Proses transaksi di bukalapak.com


Hal-hal inilah yang membuat pula makin banyak orang terjun ke bisnis ini baik itu yang hanya menjadikan jualan online sebagai sampingan atau yang memang full time menggeluti bisnis ini. 


Selain melalui situs-situs e-commerce yang begitu banyak di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Olx, Lazada, FJB Kaskus dan lainnya tadi, sekarang para pengusaha online juga banyak yang sudah punya toko onlinenya sendiri. Jangan lupa media sosial juga turut membuat bisnis online makin berkembang pesat. Jika beberapa tahun yang lalu orang masih mengandalkan hanya dari facebook atau twitter, maka sekarang bahkan bergeser ke BBM (BlackBerry Messanger) dan malahan sekarang booming lagi menggunakan instagram sebagai alat untuk menggaet pelanggan sebanyak-banyaknya. 


Buku panduan jago jualan di Instagram

Jadi, sudahkan bisnis sobat GO ONLINE?



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Dulu Buka Toko Sekarang Buka Laptop, Geliat Perkembangan Bisnis Online di Indonesia"

  1. Wah, mbak, artikelnya keren2 bgt....bener2 memotivasi. Harus sy print semua nih artikel2 nya, mbak, buat referensi. Hehe, thanks a lot...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja nih kang asep ^_^ terima kasih kunjungannya, saya masih newbie di dunia blog hehe..

      Delete