Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Gak Jadi Buka Usaha Karena Gak Ada Modal?? ALASAN BASI!!



Bagi orang yang ingin membuka usaha, modal merupakan momok yang sering menjadi alasan. Orang-orang ini biasanya sudah punya ide mau buka bisnis apa, mau memulai usaha apa. Rencana usaha sudah oke, di luar kepala malah. kemudian ketika terbentur dengan modal, kemudian mereka pun mundur teratur. Kemudian keluarlah alasan-alasan tidak jadi buka usaha tadi karena tidak adanya modal. Alasan Basi!

Modal usaha itu ada di mana-mana. Serius! Kalau sobat benar-benar butuh modal berupa uang misalnya, pinjamlah pada keluarga atau sahabat baik yang peminjamannya tentu tidak pakai bunga. Pasti banyak yang mau meminjamkan, tentunya ini kalau kita sudah dikenal baik, kalau pernah hutang selalu dilunasi. Intinya modal kepercayaan yang sudah dibangun. Sobat tahu Jeff Bezos? Bos Amazon situs belanja terbesar di dunia ini awalnya dibangun dengan modal pinjaman. Ya, Bezos meminjam uang dari orang tuanya. Sam Walton pendiri Walmart juga memulai bisnis retailnya di bawah bendera Walmart dengan meminjam uang dari ayah mertuanya. Jadi, asalkan kita memiliki reputasi dan nama baik, ada saja kok yang mau memberikan pinjaman.



Di sini saya tidak menyarankan untuk meminjam dari bank ya. Kenapa? Karena kalau pinjam dari bank selain karena pasti butuh agunan, gak mungkin tiba-tiba itu bank mau pinjamkan kita uang tanpa jaminan. Selain itu juga kalau kita baru memulai usaha, jangan sekali-kali pinjam kepada bank atau lembaga-lembaga keuangan sejenis, karena kita sendiri juga belum tahu kondisi bisnis kita. Kenyataannya banyak sekali bisnis yang terkapar bahkan di awal-awal bukanya. Kalau belum apa-apa sudah pinjam bank, nanti malah pusing sendiri bagaimana harus membayar cicilannya. Selain itu juga, pinjam bank rentan sama yang namanya riba. Intinya lebih baik jangan. Lebih baik pinjam pada orang yang kita kenal baik. Tetapi pinjamnya juga jangan lama-lama. Yang namanya hutang, lebih baik segera dilunasi. Ini prinsip saya pribadi.

Terus kalau tidak ada keluarga atau sahabat untuk tempat pinjam uang bagaimana?

Modal itu ada di mana-mana sobat. Tidak perlu juga berbentuk uang. Modal juga bisa berbentuk kepercayaan. Cerita sedikit pengalaman saya dulu. Ketika awal-awal belajar berbisnis, belajar cari uang sendiri. Saya masih kuliah semester awal saat itu. Belum booming bisnis internet seperti sekarang. Waktu itu saya dan sahabat saya menjual novel dan komik pada teman-teman di kampus. Nawarinnya pun masih pakai katalog sederhana. Kami kenal distributor buku besar saat itu. Kalau ada yang pesan bukunya, maka nanti baru diambilkan. Alhamdulillah dapat komisi sekitar 20%an untuk tiap buku yang berhasil kami jual. Benar-benar tidak pakai modal, cuma modal omongan sambil nenteng katalog buku. Benar-benar bisa dapat uang sekaligus dapat pengalaman berani jualan hehe.. Kalau ingat masa-masa itu, saya jadi terharu :'(

Nah, kalau zaman sekarang sobat tidak perlu menenteng katalog kemana-mana. Sekarang memulai bisnis justru lebih mudah. Sobat pasti sudah pernah mendengar istilah dropshipper, yaitu membantu menjualkan barang orang lain. Tidak perlu modal untuk stok barang. Kemudian sobat bisa promosikan barang lewat berbagai media sosial. Tidak perlu lagi door-to-door, tinggal ngetik-ngetik di laptop maka bisa promosi dengan jangkauan yang luar biasa luas. Atau sobat juga bisa ikut affiliate program dari website-website yang menawarkan program affiliate.

Dalam diri kita ini sebenarnya sudah ada modal lho. Gak percaya? Ingat cerita almarhum Om Bob Sadino pada suatu seminar kewirausahaan di depan ratusan mahasiswa. Saat itu ada salah satu yang bertanya, "Om Bob, saya mau buka usaha tapi tidak ada modal". Lalu Om Bob pun menjawab "Sebelah kakimu saya beli 1 milyar. Mau?". Kemudian sang mahasiswa tadi ini pun menggeleng mantap. "Nah, itu berarti kamu sudah punya modal 2 milyar dengan 2 kakimu".

Dari cerita di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa di dalam diri kita ini pun sebenarnya sudah ada modal yang luar biasa besar yang Allah SWT berikan. Akal pikiran, anggota tubuh yang lengkap, kesehatan, yang sangat berharga yang bahkan tidak bisa dinilai dengan uang. Modal yang ada itulah justru seharusnya kita berdayakan sebaik-baiknya untuk mencapai mimpi-mimpi kita.

Zaman sekarang ini memulai bisnis justru semakin mudah saja, apalagi bila diiringi dengan kreativitas. Tak ada rotan akar pun jadi. Tidak ada modal, dengkul pun jadi hehe.. Jadi, masih bilang tidak buka usaha karena tidak ada modal? Benar-benar alasan basi.



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Gak Jadi Buka Usaha Karena Gak Ada Modal?? ALASAN BASI!!"

  1. bener kalo ada kemauan pasti ada jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, kemauan dan bersungguh2. Istilahnya Man Jadda Wa Jada..

      Delete