Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

ISWARIN RETAILMAN, Beri Solusi BUKA MINIMARKET Sendiri TANPA FRANCHISE



Mau buka minimarket ala Indomaret atau Alfamart? Mungkin banyak orang yang bermimpi punya toko modern sendiri seperti Indomaret atau Alfamart. Seperti kita semua tahu, bisnis sembako memang tidak ada matinya. Meskipun sedang krisis ekonomi sekali pun orang-orang tidak akan berhenti untuk membeli kebutuhan mendasar ini. Maka tak heran, mau sedang krisis, apalagi tidak krisis, bisnis toko sembako selalu ramai pembeli. Oleh karena itulah banyak yang tertarik untuk membuka usaha jenis ini. Selain karena faktor "bisnis yang tidak pernah mati", membuka toko seperti ini juga relatif mudah dalam operasionalnya, dan tentu saja laba yang menggiurkan.

Tapi kalau mau buka Minimarket modern kan franchisenya mahal?

Membeli franchise atau hak waralaba yang sudah terkenal dan bisnisnya terbukti berjalan memang tidak murah. Biaya untuk franchisenya saja sudah dikisaran ratusan juta. Itu belum dihitung lagi dengan sewa tempat minimal 5 tahun yang memang diwajibkan oleh pihak franchisor, investasi peralatan toko, serta berbagai macam izin yang memang harus dipenuhi. Pasti jalan nih bisnisnya? Mungkin ada sobat yang bertanya-tanya seperti itu. Pasti jalan! Karena memang bisnisnya sudah punya nama dan segala operasionalnya sudah dikerjakan oleh pihak franchisor yang memang terbukti ahli di sini. Tapi segala sesuatu pasti ada kekurangannya. Kalau bisnis dengan konsep waralaba seperti ini, kekurangannya adalah pihak franchisee alias orang yang membeli hak waralaba tadi tidak boleh mengatur-atur operasional toko. Mereka harus tunduk pada peraturan yang mengikat antara franchisor dan franchisee tadi. Kemudian apa solusi dari semua ini?

Sobat bisa punya minimarket modern sendiri tanpa franchise, lho! Beneran? Bener! Nih, saya perkenalkan gurunya. Namanya Iswarin Retailman, saya biasa memanggilnya Pak Is. Bahas sedikit profil Pak Iswarin Retailman. Iswarin Retailman adalah konsultan retail Indonesia. Memulai karirnya pada tahun 1985 bekerja di toko sepatu dan fashion di Jakarta, kini Pak Is sukses menjadi direktur PT. Momentum Retail Management dan PT. Seven Store Mandiri. Alumni Entrepreneur University (EU) ini sukses menghantarkan orang-orang yang ingin mempunyai toko retail mandiri menuju impiannya.

Tapi saya gak tertarik bisnis sembako, saya sukanya bisnis fashion!

Oh, gak masalah sobat! Pak Is ini selain menangani jasa untuk membuka retail minimarket juga bisa untuk toko retail apa pun. Contohnya saja beberapa ritel modern yang pernah ditangani beliau misalnya toko retail bahan bangunan, toko listrik, bahkan juga apotik pernah ditanganinya. Jadi bukan hanya retail modern yang khusus jual sembako ya. Apa keuntungannya? Yang paling utama sobat bisa diajarkan untuk step-step alias langkah langkah teknis dalam membuka toko ritel sobat. Tidak terbayang kan kalau mau membuka sendiri, tanpa pengalaman memadai yang ada malah tekor di biaya trial dan erornya. Selain itu juga hemat biaya franchise yang ratusan juta tadi. Bagian asiknya adalah tentunya sobat bisa menggunakan nama sendiri untuk toko retailnya. Wah, pasti bangga kan namanya bisa jadi nama toko franchise modern? Bayangkan kalau beberapa tahun kemudian toko retail modern sobat ini sukses? Wah, bisa makin terkenal dan buka cabang dimana-mana tanpa perlu bayar biaya franchise. Oh ya ini beberapa portofolio retail modern mandiri yang pernah ditangani langsung Pak Iswarin Retailman.


Mungkin banyak sobat-sobat yang bertanya, "Berapa biaya konsultasinya nih?". Oh kalau untuk itu lebih afdol tanya sendiri ke orangnya ya, hehe.. Bisa langsung ke websitenya di sini, atau bisa langsung hubungi nomor yang tertera. Pak Is ini orangnya ramah banget lho, saya sempat beberapa kali tanya-tanya ke beliau soal bisnis retail. Oh, ya Pak Iswarin juga sukses mengadakan seminar "Cara Cerdas Berbisnis Retail" di berbagai kota di Indonesia. Sayangnya, Bandar Lampung belum pernah kebagian seminarnya :(

Oke, mungkin itu saja bahasan artikel kali ini tentang sukses membuka ritel tanpa franchise. Mudah-mudahan bermanfaat untuk sobat-sobat yang lagi cari referensi tentang cara buka toko ritel modern. Mungkin ada beberapa sobat yang bertanya, "Ah, siti nih pasti dapet bagian nih, promosi gini-gini?". Gak ada kok sobat. Cuma ingin berbagi mengenai solusi buka minimarket sendiri, trus inget Pak Is karena dulu sempat kontak beliau beberapa kali. Jadi artikel ini ditulis dengan ikhlas. Dijamin.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk bisnis ritel modernnya yaa.. :D


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ISWARIN RETAILMAN, Beri Solusi BUKA MINIMARKET Sendiri TANPA FRANCHISE"

Post a Comment