Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Le Minerale Sukses Pancing Penasaran Konsumen



Le Minerale segernya beda, kayak ada manis-manisnya..
 
Siapa di sini yang tidak kenal tagline iklan di atas? Ya, iklan Le Minerale sukses membuat penasaran konsumennya. Kita semua tahu jika air mineral yang baik itu seharusnya adalah yang tidak berasa, kan? Tapi Le Minerale mendobrak pakem pemikiran itu. Produk air mineral di bawah bendera Mayora ini justru memasang ide iklan dengan tagline "kayak ada manis-manisnya".

Pertama kali lihat iklan ini, saya juga mikir, ini air mineral apa air gula ya? hehe.. kok ada manis-manisnya segala. Padahal sebenarnya rasanya sama saja seperti air mineral yang lainnya. Bukannya beriklan dengan tagline "air minum dari pegunungan yang alami/segar" misalnya, yang memang sudah mainstream sih, tapi air minum ini justru berani berbeda. Namun justru karena itulah produk yang baru keluar di tahun 2015 ini berhasil merangsek pasar air mineral kemasan yang sangat padat. Kita tahu sendiri, di pasaran kini tersedia seabrek merek pilihan untuk produk air mineral, mulai dari yang mereknya sudah kita kenal dengan baik sampai merek antah barantah.

Le Minerale harus diakui sukses menjadi merek air mineral yang berbeda. "Anak baru" di kancah bisnis air mineral ini sukses berkat tagline nyeleneh dan unik. "Kayak ada manis-manisnya" berhasil memancing rasa penasaran konsumen hingga rela membeli. Sekali lagi strategi penasaran sama dengan pemasaran berlaku di sini. Saya rasa euforianya bahkan sampai memunculkan meme-meme iklannya. Mau bukti? Ketikkan kata Le Minerale di google images maka akan keluar gambar meme-meme iklan ini. Bahkan tanpa perlu mengetikkan kata "meme".



Kesuksesan memancing rasa penasarn konsumen juga berhasil dilakukan oleh Luwak White Koffie. Sebelum Indonesia diperkenalkan pada produk kopi putih, pemikiran kita bila mendengar kata kopi pastilah langsung terbayang minuman dengan warna hitam dan pekat. Kemudian muncullan Luwak White Koffie yang memperkenalkan kopi berwarna putih. Orang-orang pun bertanya-tanya ini kopi atau susu? hehe.. Awalnya saya kira produk ini akan gagal di pasaran, karena mendobrak pakem kopi hitam yang telah puluhan tahun itu pasti tidaklah mudah. Apalagi bapak-bapak yang sudah fanatik dengan kopi hitamnya. Tapi rupanya Luwak White Koffie melakukan strategi pemasaran yang cerdas. Tidak hanya memunculkan rasa penasaran, namun kopi ini menyasar konsumen muda. Konsumen dengan usia muda lebih mudah dimasuki karena mereka juga biasanya senang dengan sesuatu yang berbeda dan membuat penasaran.
Iklan kopi ini pun menggandeng sejumlah selebriti muda seperti Kimberly Ryder, Adipati Dolken, Morgan "Smash" #eh,bukan smash lagi hehe.. Bahkan ada varian Luwak White Coffee Ice yang iklannya dibintangi Nadine Chandrawinata dan Robby Purba. See? Sasaran utama pasar mereka adalah anak muda.

Sejak diperkenalkan tahun 2010 lalu, Luwak White Koffie sekarang bahkan juga sukses menjadi pemimpin pasar untuk kategori kopi putih. Ibarat ada gula ada semut, kesuksesan Luwak White Koffee serta merta diikuti oleh banyak merek lainnya. Hampir-hampir semua merek kopi yang awalnya fokus di jualan kopi hitam, juga mulai "rebutan" di pasar kopi putih. Mereka berbondong-bondong juga membuat varian kopi putih. Bahkan perusahaan-perusahaan yang sama sekali tidak pernah bersentuhan dalam bisnis kopi, tiba-tiba juga ikut jualan kopi putih. Kita bisa membayangkan betapa suksesnya produk kopi putih di pasaran hingga begitu banyak perusahaan yang menjadi follower Luwak White Koffie.

Pesan bisnisnya apa dari kedua kasus di atas? Pasti sobat sudah pada tahu. Terkadang kalau mau booming di pasar, memang harus bisa memancing penasaran konsumen. PENASARAN=PEMASARAN!









Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Le Minerale Sukses Pancing Penasaran Konsumen"

Post a Comment