Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

SENYUMAN, KUNCI SUKSES TERCEPAT



Pernah belanja dilayani kasir atau penjual yang jutek, ketus, dan tidak tersenyum sedikit pun? Pernah? Apa rasanya? Pengen nabok ya, hehe...

Begitulah pentingnya arti sebuah senyuman. Senyum yang gratis ini, yang bahkan tidak diperlukan upaya yang besar untuk melakukannya, seringkali justru berat dilakukan. Dalam dunia bisnis, senyuman ini masuk dalam pelayanan pelanggan. Begitu besarnya kekuatan senyuman ini, beberapa perusahaan bahkan secara khusus melatih para karyawannya untuk tersenyum ketika berhadapan dengan pelanggan. Mereka yakin dengan senyuman maka pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Di China, karyawan transportasi kereta api bahkan dilatih menggigit sumpit selama 24 hari sebelum benar-benar menjadi karyawan dan bertugas. Mereka menggigit sumpit agar mereka terlatih untuk tersenyum dalam keadaan apa pun. Wow..


Sobat tidak perlu sampai menggigit sumpit 2 hari 2 malam segala. Cukup biasakan senyum. Senyum di sini bukan senyum yang dipaksakan ya. Tetapi senyuman yang tulus. Bagaimana membedakan senyuman terpaksa dengan senyuman yang tulus? Senyuman yang tulus bisa dilihat dari mata dan mulut seseorang. Orang yang tersenyum asli dan tulus maka matanya pun akan ikut menyipit. Kita tentu merasa senang jika ada orang yang tersenyum pada kita meskipun kita tidak mengenal orang tersebut. Senyuman itu juga ternyata menular, lho. Tidak percaya? Senyumlah pada seseorang maka orang tersebut akan membalas senyuman kita. Begitu juga ketika ada orang yang tersenyum pada kita, entah kenapa secara ajaib kita pun otomatis akan membalas senyumannya. Persis seperti bercermin, ya?

Sebuah senyuman yang tulus akan menunjukkan keramahan serta kesan baik sekaligus meningkatkan aura positif kita. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Paul Ekman membuktikan bahwa keadaan jiwa yang tadinya tegang, murung, tidak bahagia, dapat berubah dengan senyuman. Senyuman akan memunculkan hormon yang membuat diri merasa baik (feeling good) yang otomatis akan kita sebarkan pada orang-orang di sekitar kita.

Itulah mengapa orang yang murah tersenyum lebih banyak teman dan lebih banyak koneksi atau jaringan. Tentu kita tahu berharganya jaringan ini dalam dunia usaha yang dapat memudahkan kita dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Tersenyum juga tentunya akan membuat kita lebih banyak memiliki pelanggan loyal. Begitulah senyuman merupakan kunci sukses tercepat bahkan termudah khususnya dalam bisnis. Kenapa tercepat? Kasih contoh ya. Kalau ada pelanggan nih, tanya tentang produk kita, terus kita layani dengan muka masam. Kira-kira jadi beli gak? Kemungkinan besar tidak. Tapi kalau kita melayaninya dengan baik sambil tersenyum tulus, meskipun dia tidak jadi membeli sekalipun, ada kemungkinan dia akan membeli di lain waktu atau bisa jadi dia malah merekomendasikan produk atau perusahaan kita pada orang-orang terdekatnya istilah kerennya WOM (word of mouth).

Tapi kan bisnis saya online, jadi gak langsung berhadapan dengan konsumen..

Dalam dunia bisnis online sekali pun, senyuman itu penting sekali sobat. Walaupun kita tidak berhadapan langsung dengan konsumen, namun kita bisa menilai penjual tersebut dari keramahannya dalam melayani, dan ini tidak bisa dibuat-buat. Mau coba? Coba kita bicara "terima kasih telah berbelanja di toko online.." dengan wajah datar. Kemudian kita bicara lagi kalimat tadi sambil tersenyum. Bisa lihat perbedaannya? Yang satu terdengar datar dan kaku sedangkan yang satunya lagi terdengar tulus dan bahagia. Ya, begitulah, walaupun tidak langsung terlihat, tapi kita bisa membaca ekspresi seseorang dari suaranya. Saat membalas chat atau sms yang notabenenya tidak perlu tersenyum pun kita bisa menambahi chat kita tadi dengan tambahan emoticon tersenyum :) atau :D atau emoticon senyum lainnya yang telah banyak tersedia di aplikasi chat manapun.


Jadi kunci sukses tercepat adalah senyuman. Bahkan salah satu kunci sukses membuka pintu rejeki adalah senyuman. Sampai-sampai ada istilah rejeki kita dipengaruhi oleh senyuman kita. Sobat setuju?

Semoga menginspirasi ^_^


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SENYUMAN, KUNCI SUKSES TERCEPAT"

Post a Comment