Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Tips Ampuh Dari YASA SINGGIH Bagaimana Mendapatkan MENTOR BISNIS



Banyak pengusaha khususnya pengusaha pemula yang bertanya-tanya, pentingkah punya mentor bisnis? Lalu bagaimana mendapatkannya?

Memiliki seorang mentor bisnis sangatlah disarankan bagi seorang pengusaha, apalagi pengusaha pemula. Kenapa? Dengan didampingi seorang mentor yang telah berpengalaman dalam menjalankan bisnis, tentu itu akan mengurangi trial error saat kita menjalankan bisnis. Ibaratnya, mentor bisnis itu adalah seorang guide yang akan menunjukkan jalan dan memberi saran-saran sepanjang perjalanan kita sehingga kita tidak nyasar. Bagaimana dengan yang tidak punya mentor? Apakah tidak bisa sukses? Oh, tentu bisa, tapi lama. Setelah melewati jalanan berliku, ditipu-tipu, salah ini salah itu, baru sukses hehe.. Jadi peran mentor di sini adalah untuk percepatan kesuksesan bisnis.

Setelah mengetahui betapa pentingnya peran seorang mentor bisnis, mungkin sobat akan bertanya-tanya, "bagaimana mencari mentor yang bisa mendampingi saya?" Atau ada juga mungkin yang bertanya-tanya, "bagaimana ya caranya agar dimentori oleh pengusaha favorit saya?", atau "Idola saya nih dari dulu, gimana ya caranya biar jadi mentor saya?"

Nah, pada artikel kali ini saya akan mengupas tuntas CARA MENDAPATKAN MENTOR BISNIS. Tips ini merupakan tips langsung dari Yasa Singgih. Sudah siap? Baiklah ini dia pembahasannya.

Awal mula ide tulisan ini adalah karena saya tergelitik sekali dengan curhatan Yasa Singgih di Facebooknya. Sobat tahu kan Yasa Singgih? Ia adalah pengusaha muda owner Men's Republic. Jadi dalam curhatannya (kalau saya baca sepertinya merupakan hasil dari kegeraman, kejengkelan, uneg-uneg) dia selama ini karena seringnya dianggap sombong oleh orang lain lantaran ia jarang menanggapi orang-orang yang ingin minta diajari bisnis olehnya. Maklum, resiko orang ganteng #eh

Bagaimana mau menanggapi, ternyata oh ternyata yang minta dimentori orang-orangnya kurang etika, begitu menurut Yasa. Coba sobat bayangin ya, tiba-tiba ada orang yang sms atau email isi pesannya: "Ajarin bisnis dong", "Mentorin gw dong broh..", "Kok gak bales pesan, pelit ilmu amat sih..!". Padahal kita sendiri tidak kenal siapa orangnya. Tiba-tiba gak ada hujan, gak ada angin minta dimentori. Ini orang-orang mungkin bukan minta dimentori, tapi minta ditabok, hehe..

Menurut Yasa, dan saya juga setuju, kalau ingin dimentori itu, bertanyalah dengan memakai etika. Mendekati mentor bisnis juga jangan grasak-grusuk. Pelan-pelan dan bertahap. Ajak kenalan dulu. Ya anggap saja seperti sedang mengejar gebetan. Kalau mau bertanya, yang sopan. Pertanyaannya juga jangan pertanyaan aneh-aneh, atau pertanyaan yang jawabannya saja bisa dicari sendiri di Google, itu kan sebenarnya tidak perlu dijawab. Lagi pula menurutnya pesan dan jawaban yang diberikannya juga percuma karena tidak dipraktekkan. Sebenarnya cara mendekati mentor ini sudah dibahas lengkap di bukunya "Never Too Young To Become A Billionaire. Nanti cari bukunya ah.. :)

Berikut ini 5 Tips Ampuh dari Yasa Singgih Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor Bisnis.

1. Berkenalan
Tak kenal maka tak sayang. Tapi ingat kenalan dengan baik-baik, pakai etika dan sopan santun. Dalam tahap ini, SANGAT SANGAT DILARANG untuk minta-minta. Minta ketemu, minta modal, minta kerjaan, apalagi minta kawin hehe.. Pokoknya jangan minta-minta. Ajaklah berkenalan dengan tulus, gak usah pakai embel-embel.

2. Jangan Berprinsip Take and Give
Kebanyakan orang kalau mau memberi sudah mikir dulu, nanti apa yang diterimanya. Istilahnya belum apa-apa sudah hitung-hitungan. Nih untungnya apa buat saya ya? Nah, prinsip dan mental seperti ini harus dibuang jauh-jauh. Berprinsiplah Give-Get. Jadi kita tulus memberi, lama-lama juga pasti akan mendapatkan (GET) dengan sendirinya.

3. Cari Perhatian
Cari perhatian di sini maksudnya bukan cari perhatian yang berlebihan ya. Apalagi cari muka. Gak banget, yang ada malah bikin eneg. Maksudnya cari perhatian adalah rajin menyapa lewat sosial media contohnya. Kalau sang calon mentor tadi posting apa, ya kasih komentar positif. Kalau perlu bantu dengan tulus. Intinya menunjukkan kesungguhan kita, lama-lama sang mentor kan pasti akan bertanya-tanya sendiri. Orang ini siapa ya? Pasti mentor tadi jadi penasaran sendiri. Nah, kalau sudah begitu kan jalan kita untuk dimentori oleh mentor bisnis tadi semakin terbuka lebar.

4. Sesekali Beri Hadiah
Cobalah sesekali beri hadiah, misalnya pada saat ulang tahunnya, atau lebaran, atau tahun baru, atau bila ada event-event tertentu. Nah, jadi kan kita pasti lebih diingat. Bahkan menurut Yasa, kalau dia tinggalnya tidak jauh dari kita, ya sesekali traktir, ajak jalan-jalan, antar ke mana-mana.

5. Ulangi dan ulangi
Tips terakhir ulangi langkah-langkah di atas. Yakin deh, lama kelamaan kita akan dekat dengan sendirinya dengan sang mentor bisnis tadi. Bila sudah dekat otomatis kita bisa dibantu dimentori olehnya.

Itulah Tips Ampuh Dari Yasa Singgih Bagaimana Mendapatkan Mentor Bisnis. Menurut Yasa Singgih, ilmu terbaik dari seseorang justru tidak didapat dari seminar ataupun buku-bukunya. Seringkali ilmu-ilmu terbaik itu justru keluar secara ceplas-ceplos saat di meja makan bahkan saat santai.

Sobat setuju? Semoga bermanfaat. ^^


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Ampuh Dari YASA SINGGIH Bagaimana Mendapatkan MENTOR BISNIS"

Post a Comment