Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Apa Sebenarnya Bisnis McDonalds?



McDonalds atau yang biasa disingkat McD adalah jaringan waralaba makanan siap saji asal Amerika Serikat. Didirikan pertama kali oleh dua bersaudara Dic dan Mac McDonalds tahun 1940 di California sebelum akhirnya lisensinya dibeli oleh Ray Kroc tahun 1955.

Di bawah kendali Ray Kroc inilah, McDonalds akhirnya berhasil berekspansi dan melebarkan sayap bisnisnya ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia. Ray Kroc merekrut franchisee (orang yang membeli hak waralaba) secara besar-besaran pada tahun 1961, sehingga profit McDonalds saat itu meningkat pesat. Di Indonesia sendiri, McDonalds pertama kali membuka gerainya tahun 1991 di Sarinah, Jakarta.

Apa sebenarnya bisnis utama McDonalds? Sepertinya ini pertanyaan yang mengada-ada. Semua orang tahu bahwa McDonalds menjalankan bisnis makanan cepat saji, menjual hamburger, kentang goreng, dan minuman ringan. Namun ternyata bukan itu bisnis utamanya menurut sang founder, Ray Kroc.


Ray Kroc di depan gerai McDonalds

Pada suatu kesempatan, Ray Kroc bertanya pada sekumpulan mahasiswa MBA di Universitas Texas. "Bisnis apakah yang saya geluti?" tanya Ray Kroc pada mahasiswa-mahasiswa itu.

Pertanyaan yang diajukan Ray Kroc terdengar mengada-ada dan aneh. Semua orang mengetahui kalau Ray berbisnis hamburger.

"Menurut kalian, saya berbisnis apa?", tanya Ray Kroc lagi karena tidak ada seorang pun yang menjawabnya.

Kemudian ada satu orang mahasiswa yang menjawab kalau Ray Kroc berbisnis hamburger.

Ray Kroc sudah menduga kalau semua orang mengira pasti ia berbisnis hamburger. Setelah itu Ray Kroc pun menjawab bahwa bisnisnya bukanlah hamburger. Bisnisnya adalah real estate. Bagaimana bisa?

Sekarang kita perhatikan gerai-gerai McDonalds di seluruh dunia, agar lebih mudahnya gerai McDonalds yang berdiri di dekat rumah atau kantor kita. Gerai-gerai McDonalds semuanya mengambil lokasi di jalan-jalan strategis. McDonalds pasti menempatkan gerai-gerai waralabanya di jalur-jalur utama, jalur emas, yang merupakan nilai utama pada bisnis real estate atau properti. Saat ini bisa dipastikan setiap jalan-jalan utama di kota-kota besar pasti terdapat gerai McDonalds. Maka tak heran jika Ray Kroc menyebut bisnis utamanya adalah real estate.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Sebenarnya Bisnis McDonalds?"

Post a Comment