Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Chairul Tanjung dan Bisnisnya yang Menggurita



Siapa yang bisa menyangka nasib orang lain. Melalui kerja keras dan melewati ujian bertahun-tahun mahasiswa kedokteran yang dulu membuka kios fotokopi sederhana di kampusnya, kini berubah menjadi salah satu orang paling kaya di Indonesia. Forbes bahkan mengukuhkannya masuk dalam 3 besar orang terkaya di Indonesia tahun 2015 lalu.

Perjalanan bisnis Chairul Tanjung si anak singkong ini benar-benar sebuah kisah from zero to hero. Ia terlahir dari keluarga sederhana, ayahnya seorang wartawan dan ibunya adalah ibu rumah tangga. Ia memulai belajar menjadi wirausaha dari usia sekolah. Saat itu ia menjual berbagai barang hanya untuk tambahan uang jajan. Namun ternyata keisengannya itu mengasah Chairul Tanjung muda menjadi wirausahawan yang tangguh.

Semasa kuliah, ia pernah berjualan buku kuliah dan membuka kios fotokopi di kampusnya, ia juga pernah membuka toko peralatan kedokteran sebelum akhirnya bangkrut. Selepas menamatkan pendidikan di Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, ia bukannya menjadi dokter, justru bersama 3 rekannya memproduksi sepatu anak-anak untuk diekspor dengan bantuan modal dari suatu bank swasta tahun 1987.

Itulah awal mula Chairul Tanjung masuk di dunia bisnis. Kini ia berhasil membangun bisnisnya dan memiliki kerajaan bisnis di bawah bendera CT Corp (CT yang diambil dari singkatan namanya). Bisnis Chairul Tanjung menggurita tersebar dalam 3 bidang bisnis besar yaitu: keuangan, properti, dan hiburan.

Di bidang keuangan ia menaungi Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega life, Para Multifinance, Bank Mega, Bank Mega Syariah, Mega Finance. Di bidang properti ada Para Bandung Propertindo, Batam Indah Investindo, Para Bali Propertindo, dan Mega Indah Propertindo. Sementara di bidang hiburan, kita pasti sudah cukup familiar dengan nama Trans TV, Trans 7, Trans Studio, ada juga beberapa ritel seperti Carefour Indonesia, Transmart, Metro Departement Store, Trans Fashion, Trans Lifestyle.

Dengan bisnis yang menggurita tersebut, kita pasti bisa menebak, karyawan Chairul Tanjung pasti sangat banyak. Ya, CT Corp saat ini memiliki lebih dari 100ribu karyawan. Chairul Tanjung pernah berseloroh bahwa dulunya waktu ia memulai bisnisnya, karyawannya hanya satu orang saja, yaitu dirinya sendiri.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Chairul Tanjung dan Bisnisnya yang Menggurita"

Post a Comment