Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Hari Gini Masih Belum Daftar Merek Bisnismu?



Pagi ini saya berkenalan dengan seorang pengusaha terkenal di Indonesia, yaitu Pak Kuwat Subarja. Tidak kenalan langsung sih, tapi mudah-mudahan suatu hari nanti bisa bertemu langsung orangnya.

Saya mengenalnya dari sebuah tulisan yang dishare lewat forum TDA pagi ini. Kalau sobat belum tahu, Pak Kuwat ini adalah pemilik brand-brand terkenal seperti Dapur Bebek, Ichi Bento, dan Mayasi. Ternyata Pak Kuwat ini telah mematenkan puluhan merek, hak cipta, serta desain industri sejak tahun 2000 lalu.


Mungkin ada beberapa sobat di sini yang punya merek sendiri atau produk sendiri, atau desain hasil karya rancangan sendiri namun belum dipatenkan. Patenkan sekarang! Daftarkan sekarang juga! Ternyata mematenkan merek, desain, dan hak cipta itu sangat sangat penting. Mungkin ada sebagian yang menganggapnya hanya buang-buang biaya saja dan berpikir bahwa mendaftarkan hak paten tersebut tidak penting dalam dunia bisnis. Itu pandangan yang salah besar.

Mendaftarkan hak paten atau merek bagi bisnis kita sangatlah berguna demi melindungi bisnis kita. Pak Kuwat bercerita bahwa pada 2015 yang lalu ia digugat atas merek Dapur Sambal. Ternyata ada yang telah membuka Dapur Sambal lebih dulu dari Pak Kuwat yaitu sejak tahun 2009 dan memiliki banyak cabang. Padahal pada saat mendaftarkan merek tersebut Pak Kuwat tidak tahu kalau ada merek yang sama dengannya. Ternyata urusan berkaitan dengan hak merek ini sampai ke pengadilan. Maka dari itu Pak Kuwat berpesan pada pemilik bisnis yang punya produk apa pun untuk mendaftarkan hak patennya segera, untuk melindungi bisnis dan investasi. Tidak terbayang kan kalau sudah produksi banyak produk, atau sudah buka cabang di mana-mana ternyata merek kita diklaim telah lebih dulu dimiliki orang lain. Itu pastinya berdampak sangat merugikan bisnis kita.

Cerita lain datang dari pemilik brand tas ternama Evrawood asal Indonesia. Sebelumnya sang pemilik yaitu Wahyu Adji Setiawan pada tahun 2006 memiliki produk tas dengan brand sendiri yaitu Ortiz. Produknya yang berkualitas bagus pun mampu menembus pasar mancanegara. Namun kemudian ia mendapatkan masalah terkait merek. Ada sebuah perusahaan tas dari Spanyol yang ternyata juga memiliki merek dagang yang sama yaitu Ortiz.


Ia yang saat itu belum tahu mengenai pendaftaran merek pun dibuat bingung karena perusahaan asal Spanyol tersebut menuntutnya. Ia harus menarik semua produknya dari pasaran atau ia akan dikenakan denda yang jumlahnya milyaran. Padahal saat itu dia sudah memproduksi ratusan tas untuk memenuhi order dari Singapura. Dari pengalaman inilah kemudian Wahyu mendaftarkan merek tasnya yang baru atas nama Evrawood yang berhasil bersaing dengan merek tas terkenal dunia lainnya hingga pasar Eropa dan Amerika.

Apa yang pelajaran yang bisa kita ambil dari cerita-cerita tersebut. MENDAFTARKAN MEREK ITU PENTING!!!

Prosedur dan syarat mendaftarkan merek bisnis itu ternyata cukup mudah dan simple kok. Hak paten merek berlaku hingga 10 tahun dan dapat diperpanjang. Sementara hak paten desain industri berlaku 10 tahun dan TIDAK BISA diperpanjang karena telah menjadi milik umum. Sedangkan hak cipta berlaku 50 tahun dan bisa diperpanjang.

Saya sendiri dapat pengetahuan baru tentang pendaftaran merek ini, semoga sobat-sobat juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai pentingnya mendaftarkan merek bisnis.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Gini Masih Belum Daftar Merek Bisnismu?"

Post a Comment