Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Inilah Kenapa Bangkrut Justru Bisa Jadi Berkah



Sobat pernah merasakan bangkrut? Atau malah sekarang sedang bangkrut? Jangan bersedih bro and sis, tetap semangat yaa.. :)

Saat kita mengalami kebangkrutan, entah karena kondisi perekonomian yang sedang lesu, salah melangkah dalam mengambil peluang, atau bahkan ditipu oleh rekan bisnis sendiri, maka pasti rasanya dunia runtuh. Rasa sedih, kecewa, malu, khawatir, dan bingung pasti campur aduk menjadi satu. Orang-orang yang tadinya dekat tiba-tiba menjauh dan bahkan menghilang. Namun percayalah, di balik musibah pasti ada hikmahnya. Badai pasti berlalu, sobat.

Dalam dunia bisnis, bangkrut merupakan hal yang biasa dan lumrah. Pengusaha-pengusaha hebat saat ini juga dulunya pernah mengalami kebangkrutan dalam bisnisnya. Tanya saja semua pengusaha-pengusaha sukses, pasti mereka pernah mengalami hal ini. Namun hebatnya mereka bisa keluar dari situasi kebangkrutan tadi, melompat lebih tinggi, bahkan menjadi pengusaha yang jauh lebih sukses daripada sebelumnya. Kisah kebangkrutan mulai dari pengusaha dalam negeri macam Dewa Eka Prayoga dan Heppy Trenggono hingga pengusaha asal Amerika Serikat seperti Donald Trump dapat dijadikan motivasi untuk bangkit dari keterpurukan.

Bangkrut dalam situasi terburuk sekalipun dapat menjadi suatu berkah tersendiri asal kita bisa menyikapinya dengan bijak.

Berikut ini adalah alasan kenapa bangkrut justru bisa menjadi berkah:

Lebih Dekat Pada Yang Maha Kuasa
Dengan bangkrut, kita akan lebih banyak mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Kita lebih banyak berdoa dan berserah diri, menjadikan diri kita lebih spiritual.

Lebih Banyak Bersyukur
Paling tidak kita masih memiliki keluarga, teman, yang mau bersama kita di saat sulit. Kita akan makin bersyukur atas nikmat yang diberikan walaupun itu kecil.

Menjadi Lebih Rendah Hati
Saat masih sukses dan berada di puncak, mungkin terbersit rasa angkuh dan sombong, seolah-olah kitalah yang paling terhebat, kitalah yang paling bisa segala-galanya. Lalu kita pun disentil, dan terjatuh. Sebenarnya kita sedang diberikan pelajaran untuk tidak sombong. Dengan bangkrut, kita yang tadinya arogan dan congkak, maka akan menjadi rendah hati dan menyadari bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, Tuhan bisa melakukan segalanya bahkan menjatuhkan bisnis besar sekali pun.

Lebih Menghargai Orang Lain

Kalau dulu saat masih sukses, bisnis omzet besar, kita kerap memandang orang dengan sebelah mata. Melihat orang yang pekerjaannya lebih rendah dibandingkan kita, dengan tatapan sinis. Maka menjadi bangkrut adalah pelajaran hidup yang sangat berharga karena dengan begitu kita bisa lebih menghargai orang lain.

Lebih Kuat Mental dan Lebih Nothing To Loose

Orang yang pernah bangkrut bahkan sampai titik nadir dalam hidupnya, akan terlatih dan memiliki mental yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Tidak hanya itu saja, orang yang pernah bangkrut lebih bersikap nothing to loose dan cenderung untuk berusaha sangat total untuk keberhasilan usahanya. Ia tidak akan lagi pernah takut gagal dan bangkrut karena toh sudah pernah ada di posisi tersebut.

Jadi jika bangkrut menghampiri, jangan sedih dan putus asa apalagi berpikir untuk menyerah selama-lamanya. Angkat dagumu, hapus air matamu, pasang senyum terbaikmu. Dan katakan, "SEMANGAT!!! SAYA BISA!!"

Semoga memotivasi.. :D


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Kenapa Bangkrut Justru Bisa Jadi Berkah"

Post a Comment