Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Menjelajahi Silicon Valley, Surga IT Dunia



Silicon Valley adalah sebutan untuk sebuah daerah di San Fransisco Bay Area, California, Amerika Serikat, yang merupakan tempat berkumpulnya perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang internet teknologi dan surga bagi para penggila IT.

Mungkin kita bertanya kenapa disebut Silicon Valley atau Lembah Silikon dalam bahasa Indonesia. Ternyata kata "Valley" diambil dari Santa Clara Valley yaitu sebuah tempat yang terletak di ujung selatan San Fransisco Bay, sementara itu kata "Silicon" berasal dari aktivitas perusahaan-perusahaan di sana yang berkutat pada industri semikonduktor, di mana silicon atau silikon digunakan sebagai untuk membuat produk semikonduktor. Nama Silicon Valley baru secara luas dipergunakan pada tahun 1980an. Tahukah sobat bahwa Silicon Valley yang dihuni banyak perusahaan IT ini dulunya adalah perkebunan, The Valley of Heart's Delight.

Silicon Valley dihuni oleh perusahaan-perusahaan IT yang berkembang pesat. Seperti di lihat pada gambar di atas, daerah ini dipenui oleh perusahaan-perusahaan IT raksasa dunia, antara lain, Google, Apple, IBM, Facebook, eBay, Cisco, Intel, Hp, AMD, dan banyak sekali perusahaan teknologi internet terkenal di dunia berkumpul di satu tempat.


Perusahaan Raksasa di Silicon Valley

Kalau dipikir-pikir, kenapa perusahaan-perusahaan ini malah berkumpul di satu tempat ya, kenapa tidak memilih tempat lain misalnya. Ternyata ada banyaknya perusahaan IT di satu tempat justru makin membuat perkembangan di bidang teknologi internet semakin cepat. Meletakkan kantor di sana, membuat perusahaan-perusahaan ini dapat mengetahui informasi perkembangan bisnis IT di dunia. Bagaimana tidak, para master teknologi komputer berkumpul di sana.

Silicon Valley ternyata tidak hanya menarik minat perusahaan-perusahaan raksasa untuk berkantor di sana, komunitas-komunitas pengembang IT juga berkumpul disana. Orang-orang yang mencintai bidang IT dari seluruh dunia juga berlomba-lomba untuk dapat dapat berkarir di sana. Jangan lupakan juga para penanam modal yang menyiapkan dananya untuk pengembangan industri ini atau bahkan sekedar menggelontorkan dana untuk proyek-proyek gila para jenius IT.

Oh, ya pertengahan Januari 2016 yang lalu, startup asal Surabaya, Indonesia yaitu Masaku yang menjadi pemenang dalam Startup Sprint Surabaya 2015 bersama walikota Surabaya Tri Rismaharini berkunjung ke Silicon Valley. Rupanya walikota Risma ini bermimpi dan juga memiliki misi suatu saat nanti Surabaya akan menjadi pusat startup seperti Silicon Valley.

Sepertinya Surabaya harus bersaing dengan kota Bandung yang digadang-gadang sebagai Silicon Valley-nya Indonesia, hehe..



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjelajahi Silicon Valley, Surga IT Dunia"

Post a Comment