Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Mereka Yang Memulai Bisnis Di Usia Tua, Tidak Pernah Ada Kata Terlambat



Seringkali kita disuguhkan dengan berita-berita tentang anak-anak muda yang sudah mulai berbisnis sendiri dan beberapa bahkan belum berusia 20 tahun namun sudah menggapai kesuksesan. Mark Zuckerberg memulai facebook saat masih berusia 19 tahun, sedangkan kalau di Indonesia ada Gazan Azka founder Zanana Chips yang masih berusia 19 tahun.

Mendapati fakta-fakta seperti itu sungguh menciutkan nyali bagi para calon pengusaha yang berusia tua. Bahkan anggapan sudah terlambat untuk memulai bisnis sering didengung-dengungkan. Namun tahukah bahwa banyak sekali pengusaha yang memulai bisnisnya di usia tua. Mereka bahkan meraih kesuksesan tak kalah dari orang-orang muda.

Tak pernah ada kata terlambat untuk belajar, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai. Berikut ini beberapa kisah pengusaha yang memulai bisnisnya di usia tua, semoga dapat memberikan motivasi dan semangat.

William Edward Boeing adalah pendiri perusahaan pesawat Boeing yang terkenal itu. Mungkin tidak banyak yang mengetahui kisah sang founder. William Boeing adalah seorang pengusaha kayu pada awalnya. Ia bahkan tidak pernah tahu sama sekali mengenai bisnis pesawat terbang hingga usianya 30 tahun. Bayangkan saja bahkan saat Wright bersaudara menemukan pesawat terbang, ia bahkan sama sekali tidak mengetahuinya.

Keinginan Boeing untuk membuat pesawat datang saat ia pindah ke Seattle. Walaupun ditentang oleh sang ayah, Boeing tetap saja bermimpi suatu saat dapat membuat pesawat terbang. Akhirnya mimpi itu menjadi kenyataan saat ia bertemu George Conrad Westervelt, seorang ahli pesawat terbang yang dikenalnya saat ia mengikuti sebuah kursus aeronautika. Lewat serangkaian percoban yang gagal, Boeing akhirnya berhasil dan mencatatkan namanya sebagai fouder pesawat komersil hingga hari ini.

Kisah berikutnya datang dari Gordon Bowker. Mungkin beberapa bahkan tidak mengetahui siapa Gordon Bowker. Namun bila disebutka bisnisnya, pasti semua orang mengenali bisnisnya. Ya, Gordon Bowker adalah pendiri dari gerai kopi paling laris dan juga terbesar di dunia, apalagi kalau bukan Starbucks. Bowker memulai bisnisnya dan membangun Starbucks saat usianya 51 tahun.

Kolonel Sanders pendiri Kentucky Fried Chicken memulai bisnisnya menjual resep ayam gorenpada tahun 1952 saat ia telah berusia 62 tahun. Sebelumnya, Kolonel Sanders melakoni banyak profesi di antaranya adalah pemadam kebakaran dan juga penjual jasa asuransi.

Sementara itu, Ray Kroc juga memulai bisnis di usia tua. Ia bertemu dengan McDonalds bersaudara dan melihat adanya peluang bisnis franchise dan memulai mengembangkan jaringan waralaba McDonald saat usianya telah memasuki 52 tahun. Kemudian ada juga pemilik Zara, Amancio Ortega yang masuk dalam jajaran orang paling kaya di dunia, memulai bisnis di usia tua. Tahukah sobat bahwa ia bahkan masih enjadi karyawan sebuah toko pakaian saat usianya 30 tahun?

Kisah-kisah inspiratif di atas hanyalah sedikit contoh orang-orang yang memulai bisnisnya di usia tua. Usia yang kadang-kadang kebanyakan orang lebih memilih untuk untuk pensiun dan beristirahat. Namun orang-orang tadi dengan antusiasme tinggi tidak kalah dari anak-anak muda, memilih untuk memulai bisnisnya. Dan kita semua tahu mereka kemudian mencapai kesuksesan berkat kegigihannya.

Tidak pernah ada kata terlambat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mereka Yang Memulai Bisnis Di Usia Tua, Tidak Pernah Ada Kata Terlambat"

Post a Comment