Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Solusi Buka Bisnis Baru Tanpa Rekrut Karyawan



Menjalankan sebuah bisnis baru bisa jadi merupakan pengalaman campur aduk. Saat-saat inilah bagi banyak pengusaha baru khususnya, menjadi sebuah moment penuh kerja keras dan pastinya keletihan baik fisik maupun mental.

Para pengusaha baru biasanya membutuhkan bantuan pegawai atau karyawan untuk membantu pekerjaannya. Bagi bisnis baru, untuk merekrut satu karyawan saja bisa jadi merupakan hal yang penuh perhitungan. Bagaimana tidak, selain perhitungan kondisi keuangan yang mana perusahaan atau bisnis baru masih belum stabil dengan pendapatannya, merekrut pegawai baru juga berkaitan dengan kesesuaian tujuan dan cita-cita antara pemilik bisnis dengan pegawainya.

Nah, karena beberapa alasan di atas, tak jarang beberapa pengusaha menunda merekrut pegawai. Lalu apakah sebuah bisnis bisa berjalan tanpa karyawan? Untuk bisnis baru hal ini bisa dilakukan untuk sementara waktu paling tidak sebelum bisnis menjadi besar.

Ada beberapa solusi dan tips bagaimana agar bisa menjalankan bisnis tanpa merekrut karyawan. Ini dia beberapa solusinya :

Pertama, bisa mendayagunakan tenaga anggota keluarga untuk membantu. Selain tidak perlu pengeluaran untuk gaji karyawan, menggunakan keluarga untuk membantu kegiatan bisnis biasanya karena alasan kepercayaan yang sudah terbangun terhadap anggota keluarga. Kita bisa meminta bantuan suami/istri untuk turut serta dalam membantu kegiatan bisnis, anak-anak juga dapat turut dimintai pertolongan. Kalau kita cermati banyak toko-toko Tionghoa misalnya saja yang dijalankan oleh beberapa anggota keluarga sendiri.

Kedua, kita bisa menyewa jasa freelancer atau tenaga paruh waktu. Orang yang bekerja paruh waktu dipekerjakan dengan alasan efektivitas kerja dan tentunya upah atau gaji yang tidak sebesar karyawan tetap.

Ketiga, memanfaatkan teknologi. Seperti kita ketahui di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini banyak orang yang memilih bekerja dari rumah. Hal ini juga memicu banyaknya orang berhenti dari pekerjaannya untuk memekuni kerja dari rumah, entah untuk bisnis online atau menjadi free lancer penulis contohnya. Sementara itu, bagi pengusaha hal ini dapat dimanfaatkan misalnya kita bisa membuka toko online yang tentunya tidak membutuhkan karyawan untuk menunggui toko seharian. Hal ini pastinya mengurangi pengeluaran untuk menggaji karyawan.

Itu dia beberapa solusi bagi para business owner yang baru membuka usaha tanpa merekrut karyawan. Setelah bisnis menjadi besar, tentunya pilihan terbaik adalah merekrut karyawan. Selain bisa meringankan pekerjaan, tentunya dengan adanya karyawan-karyawan dengan kelebihan kemampuan masing-masing bisa membuat bisnis semakin maju dan berkembang.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Buka Bisnis Baru Tanpa Rekrut Karyawan"

Post a Comment