Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Suka Deg-Degan Kalau Jual Barang Yang Harganya Mahal? Ini Triknya.



Kadang kala kita sebagai penjual suka merasa gugup, deg-degan, tidak percaya diri, ketika menawari barang yang harganya mahal. Hal ini adalah lumrah dan biasa terjadi pada setiap penjual. Takut dikatakan mahal, takut barangnya tidak laku, yang ujung-ujungnya justru malah membuat bisnis mandek.

Belakangan ini dunia bisnis khususnya bisnis online diramaikan dengan kehadiran buku-buku bisnis yang harganya mahaaal. Tengok saja buku karangan Dewa Eka Prayoga yang harga bukunya bahkan ada yang sampai 200 ribu ke atas. Kalau dipikir-pikir bagaimana ia begitu yakin bukunya akan dibeli orang sedangkan masih banyak buku bisnis lainnya yang harganya jauh lebih murah? Namun hal mengejutkan terjadi. Buku-bukunya yang tidak dijual di toko buku itu, malah laris manis dijual lewat reseller-reseller.

Buku Tembus Omset 100 Juta Modal Blackberry yang harganya 200 ribu


Lalu bagaimanakah cara agar berhasil menjual barang yang harganya mahal? Tidak lagi merasa deg-degan dan kurang percaya diri saat menawari konsumen produk yang harganya mahal? Trik berikut mudah-mudahan membantu.


1. Kuatkan Mental dan Berpikir Positif

Jangan pernah berpikir negatif dan tidak percaya diri bahwa konsumen kita enggan mengeluarkan uangnya untuk membeli produk yang kita jual yang harganya mahal tadi. Berpikirlah positif dan bangun mental yang kuat, yakinkan diri bahwa kita pasti bisa menjualnya. Bukankah ada penjual kaos kaki yang bahkan berani menjual kaos kainya seharga 75 ribu per pasang? Lalu kenapa kita takut?


2. Ingat Peraturan : Pecahkan Masalahnya

Ingatlah peraturan bisnis yang utama. Bantu orang memecahkan masalahnya, maka uang akan mengikutimu. Ini adalah peraturan yang sangat dasar dan kunci sukses banyak bisnis di dunia. Orang akan bersedia membayar meskipun dalam jumlah besar jika itu mampu menyelesaikan atau mengatasi masalah mereka. Pernah ikut seminar Anthony Robbins? Anthony Robbins adalah motivator kelas wahid yang ntuk mengikuti seminar Anthony Robbins kita harus membayar sejumlah uang yang tidak sedikit.

Tiket seminarnya seharga ratusan juta? Apakah seminarnya jadi tidak laku atau sepi peminat? Salah besar! Seminar Anthony Robbins selalu ditunggu-tunggu dan selalu dihadiri oleh pengusaha-pengusaha sukses dari berbagai negara. Jumlah peserta seminarnya selalu membludak dengan antusiame tinggi. Intinya, pecahkan masalah orang lain, uang akan mengikuti.


3. Gunakan Psikologi Pilihan Tengah

Orang yang biasa berjualan, paham akan taktik berjualan yang satu ini. Bayangkan diri kita ingin membeli baju. Kemudian ditawari oleh penjualnya, yang satu harganya 1 juta, yang satu harganya 750 ribu, dan yang satunya lagi 500 ribu. Kebanyakan orang pasti akan memilih yang di tengah. Walaupun sebenarnya target yang ingin sobat ingin jual memang yang ditengah. Ini sudah sering terbukti berhasil. Cobalah.


4. Tawarkan yang Lainnya

Baiklah mungkin kita bisa memberikan diskon produk mahal kita untuk mendongkrak penjualan, tapi kita juga bisa mendapatkan pendapatan yang tinggi dari barang yang kita jual. Contohnya kita bisa menawarkan produk kita yang lainnya. Misalnya, kita berjualan jilbab yang harga normalnya 200 ribu. Namun karena ingin meningkatkan penjualan kita memberikan diskon pada pelanggan sehingga harganya menjadi 175 ribu. Kemudian kita bisa menawari pelanggan dengan aksesoris jilbab dan bros lucu seharga 25 ribu rupiah untuk mendapatkan penjualan tetap 200 ribu. Bagaimana?


Semoga trik-trik dalam jualan produk yang harganya mahal tadi bisa membantu penjualan sobat ya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suka Deg-Degan Kalau Jual Barang Yang Harganya Mahal? Ini Triknya."

Post a Comment