Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

VIS-O-MATIC, Toko Online Yang Sudah Ada Sejak Tahun 1950an



Kalau sobat pikir sistem belanja online itu baru ditemukan akhir-akhir ini, itu artinya sobat belum pernah mendengar tentang penemuan ini yang merupakan cikal bakal lahirnya sistem belanja online modern.

Di zaman sekarang ini siapa yang belum pernah belanja online. Sepertinya semua orang sudah pernah melakukan transaksi perdagangan online baik itu sebagai penjual ataupun pembeli. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, seperti tidak perlu pergi ke toko untuk mencari barang yang kita inginkan yang tentunya menghemat waktu serta tenaga. Maka tak heran sistem belanja online saat ini telah berkembang pesat di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Sistem belanja online modern yang kita kenal saat ini ternyata telah ditemukan sejak tahun 1950an. Cikal bakal sistem belanja online ini telah diperkenalkan jauh sebelum internet ditemukan ditemukan, bahkan 12 tahun sebelum personal komputer ditemukan. Penemunya adalah seorang pengusaha asal Kanada yang bernama Lawrence Freiman.

Freiman membuka sebuah toko yang berbeda dari kebanyakan toko pada umumnya saat itu yang bernama Vis-O-Matic. Kenapa berbeda? Tidak seperti kebanyakan toko pada umumnya yang memajang barang-barang dagangannya, ketika masuk ke Vis-O-Matic, pembeli akan melihat bahwa tidak ada barang dagangan sama sekali di dalam toko tersebut. Yang tersedia hanyalah kursi dan layar televisi yang saat itu tentu saja masih hitam putih. Tapi justru di sinilah letak keunikan toko ini yang membuatnya tokonya selalu ramai pengunjung.

Cara kerja dari toko ini adalah, ketika pelanggan datang, maka karyawan di Vis-O-Matic akan mengarahkan mereka ke sebuah kursi yang di depannya terdapat layar televisi. Nah, dalam layar televisi tersebut akan keluar gambar atau foto-foto produk secara bergantian. Sementara itu, di kursi tadi terdapat sebuah tombol yang dapat ditekan untuk memilih produk yang diinginkan.


Kursi dan layar yang disediakan di Vis-O-Matic


Dua oarang wanita yang sedang memilih topi di Vis-O-Matic


Wanita yang sedang memilih sepatu melalui layar televisi


Anak-anak yang sedang memilih boneka mainan


Tempat meletakkan foto-foto produk yang akan tampil di layar

Setelah memilih produk yang diinginkan, konsumen tinggal memanggil pegawai toko untuk melakukan pembelian. Setelah itu konsumen atau pelanggan tadi dapat pulang ke rumah setelah melakukan order. Setelah itu, tinggal menunggu beberapa hari, produk yang dipesan pelanggan tadi akan diantarkan langsung ke rumah.


Petugas yang sedang mengantarkan barang pesanan konsumen

Namun sayangnya penemuan ini terhenti karena tidak dapat bertahan lama yang disebabkan oleh produksi mesin yang tidak dapat dipenuhi. Bahkan banyak orang yang belum pernah sama sekali mendengar nama Vis-O-Matic sebelumnya yang merupakan cikal bakal lahirnya sistem belanja online modern saat ini.

Sumber : Life Magazine



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "VIS-O-MATIC, Toko Online Yang Sudah Ada Sejak Tahun 1950an"

Post a Comment