Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Mau Jadi Entrepreneur? Kamu HARUS KUAT!



Beberapa tahun yang lalu saat memulai bisnis sendiri, saya menyadari bahwa keputusan saya untuk menggeluti dunia entrepreneurship amatlah berat. Di saat sebagian besar teman-teman dan orang-orang di sekeliling memilih untuk bekerja di perusahaan, saya harus berjibaku merintis bisnis dari nol. Parahnya lagi, yang saya temui bukanlah deretan keberhasilan, tapi kegagalan bertubi-tubi yang berhasil menghempas saya sampai ke titik terbawah kehidupan.

Kata-kata saya di atas bukanlah sebuah karangan, itu benar-benar terjadi. Nasihat untuk sobat-sobat atau siapa pun yang ingin terjun ke dunia bisnis, harap diingat, dunia bisnis itu keras, maka tidak ada hal lain yang bisa dilakukan selain: HARUS KUAT!

Kuat di sini meliputi banyak aspek. Kuat dari sisi fisik maupun mental. Dari segi fisik, kamu harus kuat karena dituntut untuk bekerja melebihi jam kerja karyawan pada umumnya. Pernah mendengar cerita kan, kalau owner bisnis itu malah bekerja jauh lebih keras daripada bawahannya.

Kalau ada cerita owner bisnis yang sudah bisa santai dan jalan-jalan, maka bisa dipastikan ia sudah berhasil membangun sistem dalam bisnisnya. Bila itu belum dilakukan, maka jangan harap bisa meninggalkan bisnis dan update status di sosmed "bisnis jalan, ownernya jalan-jalan" hehe..

Bisa dibayangkan apalagi bila bisnis dilakukan oleh kaum wanita khususnya seorang ibu rumah tangga, yang dari bangun tidur sampai tidur lagi banyak sekali yang harus dilakukan. Maka tak heran fisik yang prima adalah salah satu syarat.

Berikutnya adalah kuat secara mental. Yang tadinya tidak pernah berjualan sama sekali, harus kuat jualan. Yang masih minder dan malu-malu harus bisa melawan rasa malunya. Karena kita semua tahu tidak ada yang namanya bisnis tanpa penjualan, entah itu menjual barang maupun jasa.

Saya sendiri dulu malu sekali kalau harus berjualan. Harus nawar-nawarin barang pada orang lain, itu rasanya.. nggak pede, takut ditolak, takut ditertawakan, pokoknya malu sekali rasanya. Tapi sekarang yang ada malah malu-maluin karena kerjanya jualan terus hehe.. #jadi curhat

Untuk semua entrepreneur di seluruh Indonesia, yang masih pelajar atau mahasiswa, yang masih bekerja namun sudah part time berbisnis, yang ibu rumah tangga, atau yang sudah berbisnis namun masih belum juga menemukan keberhasilan, please KUATLAH! Beri motivasi pada diri sendiri, bakar semangat setiap hari. Kuatlah! Karena hanya dengan itu mental akan terbangun dari hari ke hari. Menjadi semakin tabah, semakin berani, dan semakin kuat. Amin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Jadi Entrepreneur? Kamu HARUS KUAT!"

Post a Comment