Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Tahukah Kamu Asal Usul 7 Nama Perusahaan Keren Ini?


Jika kamu sedang membuat nama perusahaan, pasti kamu tahu betapa sulitnya membuat nama untuk bisnis kita. Terlebih lagi pasti kita menginginkan nama yang bukan hanya baik dan mudah diingat, namun juga unik. Bahkan kalau bisa benar-benar orisinil dan belum ada yang menyamainya. Benar tidak?

Nah, perusahaan-perusahaan dunia berikut ini telah berhasil membuat nama yang unik dan menjadi brand yang telah terkenal di seluruh dunia.

Setiap nama perusahaan memiliki ceritanya sendiri. Nah, berikut ini asal usul 7 nama perusahaan dunia yang keren dan mungkin bisa jadi inspirasi untuk membuat nama perusahaanmu. Check these out!

1. Skype

Skype adalah sebuah program komunikasi atau software gratis yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan video call secara gratis ke seluruh dunia. Nama Skype berasal dari nama "Sky-Peer-to-Peer" yang dipersingkat menjadi Skyper. Kemudian dengan sejalannya waktu menjadi "Skype".

2. Sharp

Sharp merupakan perusahaan asal Jepang yang terkenal memproduksi alat-alat elektonik seperti televisi, mesin cuci, hingga pendingin ruangan (AC). Nama Sharp sendiri diambil dari produk perdananya yaitu sharp pencil yang dibuat pada tahun 1915.

3. Reebok

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan merek sepatu yang sudah mendunia ini. Merek yang beberapa kali bersaing dengan Nike ini sebenarnya diambil dari nama Antelop Afrika. Antelop adalah hewan mamalia sejenis sapi yang berbentuk seperti kambing, tetapi memiliki tanduk tegak seperti kijang.

Di Afrika antelop ini disebut rhebok. Oleh anak sang founder, Joe Foster, diplesetkan menjadi Reebok.

4. IKEA

IKEA merupakan perusahaan raksasa furnitur asal Swedia yang telah mengembangkan bisnisnya sampai Indonesia. Nama IKEA sebenarnya merupakan nama founder perusahaan ini yang digabungkan dengan nama desa asal sang founder. Kok bisa?

Founder IKEA bernama Ingvar Kamprad, sedangkan nama desa asal Sang founder di Swedia yaitu Elmtaryd Agunnaryd. Jadi IKEA adalah singkatan dari Ingvar Kamprad Elmtaryd Agunnaryd. Unik ya?

5. Asus

Merek Asus sudah tidak asing lagi beberapa tahun ini sejak makin banyaknya yang menggunakan produknya yaitu komputer jinjing alias laptop. Atau jangan-jangan laptop kamu bermerek Asus?

Nah, tahu tiak dari mana nama Asus berasal? Nama Asus ternyata berasal dari dari kata Pegasus yaitu kuda terbang dalam mitologi Yunani kuno.

6. Coca Cola

Merek minuman ringan ini merupakan merek paling terkenal di dunia menyaingi Apple. Nama Coca Cola sendiri sebenarnya berasal dari dua kata yaitu coca dan cola. Coca yang merupakan nama daun Coca, sementara itu Kola merupakan bahan yang dipakai untuk mewarnai minuman ringan. Jadilah nama Coca Cola, dimana huruf K pada Kola diubah menjadi Cola.

7. Google

Siapa yang tidak kenal Google? Mesin pencari nomor wahid dunia ini ternyata menyimpan cerita menarik dalam pembuatannya. Nama Google ternyata merupakan hasil dari kecelakaan. Berawal dari proyek sang pendiri yaitu Sergey Brin dan Larry Page. Saat itu kedua lulusan Stanford ini sedang mengembangkan mesin pencari bernama BackRub.

Kemudian tahun 1997 mereka mengganti namanya menjadi Googol. Googol sendiri merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang kemudian diikuti oleh 100 angka nol dibelakangnya. Nama ini diambil karena misi google yaitu sebagi pusat informasi tak terbatas.

Kemudian ada seorang angel investor yang salah mengeja nama Googol menjadi Google dan terlanjur menuliskannya dalam cek. Lucu juga ya ternyata sejarahnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukah Kamu Asal Usul 7 Nama Perusahaan Keren Ini?"

Post a Comment