Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Walaupun Lagi Sepi, Jangan Pernah Bilang Bisnis Kita Lagi Sepi!


Saat ini banyak sekali yang mengeluh bisnisnya sedang lesu dan sepi. Loh kok tau? Dari baca curhatan temen-temen di sosial media hehe..

Banyak teman-teman yang mengeluh perekonomian saat ini sedang dalam masa menurun. Entah karena rupiah yang melemah atau hal lain gak paham. Tapi yang jelas keluhan satu dua orang di sosial media diamini oleh yang lainnya. Saya pun mikir, wahhh.. ternyata semua mengeluhkan hal yang sama.

Jadi ingat pelajaran bisnis yang pernah disampaikan coach Fauzi Rachmanto saat TDA Camp dulu mengenai alasan eksternal dan internal. Alasan eksternal adalah alasan yang kita buat dan kita cari saat bisnis kita memburuk. Alasan ini biasanya dengan menyalahkan orang lain, menyalahkan pihak lain, pokoknya semua kesalahan dari orang lain. Sementara itu jika internal, maka kita mencari kesalahan itu dalam diri kita sendiri. Maka dengan begitu, kita bisa introspeksi dan memperbaiki kesalahan bukannya mencari-cari kesalahan orang lain.

Hal ini nyambung dengan "KALAU BISNIS SEPI, SIAPA YANG KITA SALAHKAN?". Sebagian besar mulai akan menyalahkan pemerintah, kondisi perekonomian, supplier, bahkan konsumen. Padahal kalau mau introspeksi mungkin karena kitanya saja yang kurang kreatif saat menghadapi kondisi perekonomian saat ini.

Ternyata topik ini masuk juga ke grup WA komunitas bisnis yang saya ikuti. Pertanyaan menggelitiknya "bolehkan kita bilang kalau bisnis kita lagi sepi, saat memang sedang sepi?"

Jawabannya JANGAN!

Maksudnya di sini bukan bohong loh ya.. Kita bisa bilang kalau bisnis kita masih bisa beroperasi, walaupun misalnya orderan hanya 1-2 per hari. Bilang saja Alhamdulillah bisnis berjalan lancar. Yang penting kan bisnisnya bisa survive dulu. Daripada mengeluh dan bilang sana sini kalau bisnis sepi dan lesu, ntar sepi beneran loh!

Ingat hukum Law of Attraction (LOA)? Ya, buku dan filmnya yang meledak 10 tahun lalu alias tahun 2006 di Amerika ini berhasil membuka pikiran banyak orang di seluruh dunia. LOA adalah sebuah hukum tarik menarik. Jika sobat sudah pernah menonton film The Secret atau membaca bukunya, pasti paham hal ini. Buat yang belum baca bukunya atau belum nonton filmnya recommneded banget!

Hukum tarik menarik yaitu sebuah hukum di mana jika kita berpikir baik, maka itulah yang akan terjadi. Begitu juga sebaliknya. Maka harus tetap berpikir baik. Dengan berpikir positif maka kita juga akan otomatis bertindak positif yang ujung-ujungnya akan membuat kita menerima yang baik pula.

Lain kali, besok-besok, kalau ada yang tanya, Gimana bisnisnya gan? Jawab aja dengan gembira dan optimis, "Alhamdulillah lancar jaya gan!!" (Walaupun baru laku 1 hari itu hehe..) Moga beneran dijadiin lancar. Amiiinn..

Pesan pentingnya adalah hati-hati dengan pikiran dan ucapanmu. Think makes things!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Walaupun Lagi Sepi, Jangan Pernah Bilang Bisnis Kita Lagi Sepi!"

Post a Comment