Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

4 IDE BISNIS YANG OKE UNTUK ANAK SEKOLAH



Haii deeekk...!! Selamat datang di blog kakak yaa.. :)

Artikel ini ditulis khusus untuk adek-adek yang masih sekolah dan ingin mulai berbisnis sendiri. Entah itu tujuannya untuk membantu biaya sekolah, atau untuk melatih kemampuan jualan, atau juga buat iseng-iseng nambahin uang jajan hehee...

Mungkin di antara adek-adek ada yang sudah terbiasa berjualan, misalnya sudah terbiasa membantu orang tua yang memang berwirausaha seperti membuka toko dan sebagainya, pasti tidak begitu kesulitan ya kalau mesti menawarkan barang ke calon pembeli. 

Tetapi bagaimana nih bagi yang belum pernah sama sekali berjualan, wah pasti ada perasaan malu, grogi dan takut ditolak yaa.. Tenang aja dek, itu awalnya saja kok. Kalau sudah terbiasa nanti malunya berubah jadi malu-maluin heheee..

Biar terbiasa bagaimana caranya? Ya tentunya latihan. Terjun langsung melayani pembeli. Nanti lama kelamaan pasti kemampuan menjual adek-adek semakin lama semakin bagus. Tahu gak, hampir semua pengusaha sukses yang ada sekarang dulunya berjualan lho. Mereka nyambi berjualan saat masih duduk di bangku sekolah. Warren Buffett misalnya, pengusaha dan investor asal Amerika ini dulunya adalah penjual koran, bola golf, dan minuman cola. Bos Trans Corp, Chairul Tanjung saat masih sekolah juga berjualan.

Warren Buffett saat masih sekolah berjualan bola golf dan koran

Oke, sekarang kita lihat yuk ide bisnis apa saja sih yang cocok dikerjakan oleh anak sekolah.


1. Bisnis Pulsa

Bisnis Pulsa untuk Anak Sekolah

Wah, kalau bisnis yang satu ini cocok banget deh untuk anak sekolah. Kenapa? Modalnya cuma handphone. Bahkan handphone model lama alias jadul juga bisa dipakai. Pasti semua anak sekolah punya HP kan? Nah, hp ini bisa dimanfaatkan untuk mencari uang.

Bisnis pulsa selain praktis juga tidak ribet seperti bisnis dengan menjual barang yang harus dibawa ke mana-mana. Cukup dengan mengisi deposit pulsa yang bahkan bisa diisi dengan nominal Rp.100 ribu sudah bisa mulai jualan. Tawarkan ke teman-teman atau guru di sekolah. Mereka pasti terbantu karena tidak perlu keluar untuk sekadar membeli pulsa. Tapi jangan kas bon ya.. :) karena biasanya ada teman yang minta utangan pulsa hehe..

Keuntungan yang didapat juga terbilang lumayan. Contohnya saja untuk pulsa nominal Rp.5 ribu yang dijual seharga Rp.7ribu modalnya hanya Rp.5200. Kan ada selisih keuntungan Rp.1800. Anggap saja keuntungan bersih Rp.1500 per transaksi. Kalau adek-adek bisa menjual 20 kali saja, bisa mendapat untung bersih Rp.30ribu sehari. Kalau dikali sebulan kan lumayan sekali. Apalagi kalau melayani penjualan pulsa di rumah. Tidak perlu etalase, cukup pasang tulisan "jualan pulsa" di depan rumah. Oke kan?

Apalagi kalau ditambah dengan jualan voucher ataupun perdana internet. Hmm.. bisa lebih banyak lagi kan omzetnya.


2. Makanan Ringan

Bisnis Makanan Ringan untuk Anak Sekolah

Siapa coba yang nggak suka ngemil? Hampir semua orang suka ngemil. Apalagi kalau di sekolah ya? Setiap bel istirahat berbunyi, anak-anak pasti berhamburan ke kantin untuk mencari makanan. Nah, ini bisa kita manfaatkan dek untuk berjualan makanan ringan alias cemilan. 

Tidak usah takut harus membuat sendiri karena kita bisa membeli kemudian langsung dijual lagi atau bisa juga membeli dalam jumlah besar kemudian packing ulang untuk mendapat untung lebih besar.

Cerita sedikit ya. Dulu tuh di sekolah ada anak yang setiap hari membawa plastik besar yang isinya keripik, marning (keripik jagung pedas) serta kacang-kacagan. Setiap bel istirahat berbunyi jualannya pasti langsung diserbu temna-temannya, maklum sudah banyak langganan jadi tidak perlu lagi keliling menawari. Bahkan langganannya juga sampai pada guru-guru di sekolahnya. Jangan heran dengan harga jual yang terjangkau Rp.500 sampai Rp.2000 per bungkus membuat dagangannya yang dua kantong besar langsung habis di istirahat pertama. Hmm.. hebat kan?!


3. Les Privat

Les Privat cocok untuk dikerjakan anak sekolah

Nah kalau yang ini sifatnya menawarkan jasa. Buat adek-adek yang pinter dan punya ilmu yang bisa dibagi-bagi dan tentunya senang menjadi pengajar, bisnis les privat sangat menjanjikan loh. Les privat bukan hanya les pelajaran yah, kalau adek-adek bisa gitar misalnya atau punya kemampuan berenang yang bagus, bisa juga menawarkan jasa kursus gitar atau renang.

Biasanya kursus privat ini adek-adek bisa tawarkan pada orang-orang terdekat seperti tetangga misalnya. Atau kalau mau lebih praktis, bisa juga diiklankan lewat OLX misalnya. Adek-adek belum punya modal? Tenang saja, bisnis les privat ini bahkan bisa dijalankan tanpa modal loh. Biasanya setelah pasang iklan dan ada yang menghubungi, adek-adek tinggal mendatangi tempat yang meminta jasa tadi. Bagaimana, tertarik?


4. Jadi Reseller atau Droshipper

Willow Tufano yang berhasil beli rumah dari berjualan

Menjadi reseller atau dropshipper juga bisa dikerjakan oleh adek-adek yang masih sekolah. Kalau reseller adek-adek udah pada tahu kan? Ya, membeli barang untuk dijual lagi dengan harga tertentu. Nah, kalau dropshipper sudah tahu? Apa sih dropshipper itu? Dropshipper artinya kita membantu menjualkan barang orang lain tanpa harus membelinya seperti seorang reseller. Artinya tidak dibutuhkan modal untuk membeli barang dagangan.

Menjadi reseller atau dropshipper cukup praktis kok. Sediakan saja HP Smartphone dan akses internet tentunya untuk menawarkan produk. Jualannya bisa di market place seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, ataupun Shopee. Bisa juga menawarkan melalui media sosial seperti Facebook, BBM, dan sedang menjadi favorit banyak pedagang, Instagram.

Oh ya, ada seorang anak bernama Willow Tufano yang fotonya ada di atas itu, yang sukse jadi reseller sampai-sampai bisa membeli rumah sendiri saat usianya masih 14 tahun. Wow salut ya.. Jadi ceritanya Tufano ini menjual kembali barang-barang yang dibelinya melalui situs jual beli seperti eBay untuk kemudian menjualnya kembali di situs jual beli seperti Amazon. Ia berusaha untuk mendapatkan barang-barang dengan harga murah agar bisa dijual kembali dengan harga bersaing. Saat ini Tufano telah membeli dua rumah yang kemudian disewakannya.

Jadi itu tadi beberapa ide bisnis yang cocok untuk anak sekolah. Mungkin ada ide lainnya, silahkan ditambahkan di komentar yaa..

Semoga bermanfaat..:)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 IDE BISNIS YANG OKE UNTUK ANAK SEKOLAH"

Post a Comment