Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Dari Pengusaha Kaya Raya Menjadi Bangkrut



Dari seorang pengusaha sukses, kaya raya, uang berlimpah, kemudian bangkrut dan jatuh miskin. Kedengarannya kurang enak ya? 

Tadinya mau menulis tentang pengusaha A yang sukses di usia muda. Atau pengusaha B yang sukses jadi pengusaha tanpa modal. Mainstream sekali ya.. hehee.. (kadang-kadang bosan juga sama cerita sukses.. :D)Tapi setelah dipikir-pikir agaknya cerita kebangkrutan terkadang justru lebih bayak bisa dipetik pelajaran. 

    ***

Seorang pria tua berjalan memasuki toko grosiran sembako. Pria tua ini terlihat begitu lusuh dan kurus. Ia kemudian berjalan memasuki toko yang memang sedang cukup ramai siang itu. Ia lalu mengambil kopi sachet Tora**** yang tergantung rapi bersusun di sudut toko. Kemudian menuju kasir dan membayar kopi sachet berisi 10 pcs tersebut. Ia kemudian terburu-buru keluar toko.

Tadinya saya berpikir mungkin hanya bapak-bapak biasa langganan toko. Tapi saya langsung terkejut ketika pemilik toko yang memang berada di dekat kasir, mulai bercerita. Di tengah hiruk pikuk toko saat itu, saya yang berada di sampingnya karena sedang menunggu giliran membayar, jadi ikut mendengarkan.

"Bapak tadi itu dulunya bos supermarket," ujar pemilik toko.

Saya kaget. Dalam hati, wah yang bener aja?? Ia pun mulai bercerita bahwa bapak yang tadi keluar toko adalah bos alias pemilik supermarket besar dan terkenal di kota Bandar Lampung. K*** Supermarket! Ah, gila! Itu supermarket yang sering saya kunjungi sama keluarga waktu saya masih kecil, dekade 90an. Waktu itu supermarket itu adalah supermarket besar yang sangat terkenal. Kalau ke supermarket, orang Bandar Lampung pasti tahunya supermarket itu. Bisa dibilang legend.

Pemilik toko itu pun melanjutkan cerita. Ia berkata bahwa Bapak tadi bangkrut di era awal 2000. Entah apa penyebabnya. Ia enggan bercerita. Lagipula toko makin ramai dan engkoh pemilik toko turun tangan membantu karyawannya. Cerita pun terputus.

Dalam perjalanan pulang, saya hanya bisa bengong. Jujur baru kali itu lihat secara langsung bos supermarket besar yang jatuh miskin. Biasanya cuma lihat di TV. Miris jadinya..

***

Sobat tahu foto apa yang saya pasang di atas? Itu adalah Edgewater Beach Hotel, Chicago. 

Pada tahun 1923 silam, diadakan pertemuan besar di hotel itu. Mempertemukan orang-orang kaya dan berpengaruh di Amerika pada masa itu. Siapa saja?

1. Charles Schwab; Konglomerat pemilik bisnis baja
2. Samuel Insull; Presiden perusahaan utilitas terbesar 
3. Howard Hupson; Presiden perusahaan gas terbesar
4. Ivar Krueger; Pengusaha dan Industrialis berpengaruh 
5. Jesse Livermore; Orang yang berpengaruh di bursa saham Wall Street
6. Leon Fraser; Presiden Bank of International Settlements
7. Albert Fall; Seorang anggota kabinet presiden
8. Richard Whitney; Presiden bursa saham New York
9. Arthur Cotton; Pemilik perusahaan gandum terbesar

Pertemuan penting dan mempertemukan orang-orang kaya dan paling berpengaruh, kemudian situasi pun menjadi berubah 25 tahun kemudian. 

Charles M. Schwab

Charles Schwab meninggal dalam keadaan bangkrut, setelah 5 tahun sebelumnya menggantungkan hidupnya dari uang pinjaman. Samuel Insull meninggal dunia di negara orang lain setelah sebelumnya menjadi buronan kasus hukum. Howard Hupson menjadi gila. Ivar Krueger, Jesse Livermore, dan Leon Fraser ditemukan mati bunuh diri. Albert Fall menjadi tahanan rumah. Leon Fraser dan Richard Whitney meninggal dalam keadaan bangkrut dan tidak memiliki apa pun.

Tragis.


Life is unpredictable, you never know what is coming next...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dari Pengusaha Kaya Raya Menjadi Bangkrut"

Post a Comment