Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Gara-Gara Up&Up Coldplay!!


Siapa di sini yang belum lihat video musik band Coldplay yang judulnya Up&Up? Saya sendiri baru melihatnya beberapa hari yang lalu, benar-benar ketinggalan! Video musik ini benar-benar keren dan kreatif. 

Ada kura-kura berenang di awang-awang sebuah stasiun kereta, ada cincin planet yang berubah jadi lintasan balap mobil, ada orang berenang di dalam gelas air, dan jadi berpikir wah abis ini apa lagi nih, wah ada ikan berenang di langit, apa lagi nih... Hmm.. pokoknya semuanya membuat kita juga jadi tergelitik untuk juga berpikir kreatif. Buat sobat-sobat yang mau nonton videonya bisa langsung lihat ke sini.


Nah, gara-gara video musik Up&Up Coldplay ini jadilah tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana ya caranya agar bisa memiliki pikiran kreatif. Berpikir kreatif tentu saja sangat berguna bagi pengusaha. Entah itu berpikir kreatif mengenai produknya, ataupun cara pemasarannya, promosinya kah, pasti butuh kreativitas.

Berpikir kreatif atau yang biasa juga disebut "think out of the box" bisa distimulasi dengan beberapa cara berikut ini.

1. Tidur Sejenak


Terkadang kita merasa lelah dengan aktivitas keseharian. Apalagi kalau siang hari, biasanya rasa kantuk datang menyerang. Nah, tahukah sobat ternyata tidur sejenak dapat membuat kita bisa berpikir lebih kreatif loh. Bahkan ada penelitian yang membuktikan bahwa berpikir sejenak mampu membuat kita lebih kreatif dan juga produktif. Lama waktu tidur bisa 15-30 menit ya..


2. Ubah Rutinitas



Rutinitas bisa membuat otak menjadi tumpul. Ya, bayangkan saja melakukan hal yang sama dari hari ke hari sampai bertahun-tahun bukan hanya membosankan namun juga menghilangkan daya kreatif. Ubah deh rutinitas sobat. Dari hal-hal kecil saja, contohnya kalau biasanya sikat gigi pakai tangan kanan, coba pakai tangan kiri. Jika biasanya pergi ke suatu tempat lewat jalan A, coba deh lewat jalan B atau jalan C. Selain mengubah rutinitas yang membosankan, hal-hal kecil ini bisa mempertajam kreativitas.

Atau seperti gambar di atas, membangun tenda di halaman rumah dan menginap di luar rumah. Itu kan aktivitas yang tidak biasa. Dijamin bisa membuat pengalaman baru yang seru dan asyik.


3. Belajar Bahasa Asing



Wah, pasti sulit ya belajar bahasa asing apalagi yang kita sama sekali belum pernah mengucapkannya. Tapi salah satu penelitian menunjukkan bahwa mempelajari bahasa baru dapat mengaktifkan salah satu bagian otak kita yang lama "tertidur". Nah, selain kita dapat banyak kosa kata baru dengan belajar bahasa asing, kita juga bisa melatih kreativitas dan mempertajam ingatan. Tidak ada salahnya kan?

Oh ya, belajar bahasa asing juga bukan berarti harus ikut kursus lho, kalau sobat belum ada waktu atau biaya juga bisa belajar sendiri. Misalnya dengan melihat youtube, atau berkomunikasi langsung dengan native speakernya lewat berbagai aplikasi sosial media yang sudah menjamur saat ini.


4. Membaca dan Menulis



Membaca adalah kegiatan yang tidak disukai sebagian orang. Eh, ada loh orang yang begitu buka buku langsung ngantuk hehe.. Tapi tahukah sobat membaca bisa membuat imajinasi kita berjalan dan otomatis krativitas akan muncul. Membaca tidak harus buku-buku berat, membaca novel dan komik juga dapat membuat kita jadi lebih kreatif. Contohnya Warren Buffet yang sampai usia hampir 90 tahun masih menjadi ivestor handal. Ia punya kebiasaan menghabiskan waktu sampai 6-8 jam per hari untuk membaca.

Selain membaca, aktivitas menulis juga tidak kalah hebatnya dalam membuat seseorang menjadi kreatif. Selain membuat kreatif, tahu gak kalau menulis dapat membuat kita terhindar dari pikun. Mau bukti? Pernah nemu ada penulis yang pikun? Tidak ada kan?! hehe.. Mereka sampai usia lanjut masih terus aktif. Boro-boro pikun, pikiran mereka malah semakin tajam. Contohnya adalah sastrawan Indonesia Taufik Ismail.


5. Jalan-Jalan



Jalan-jalan terbukti ampuh membuat pikiran menjadi kreatif. Kalau sobat merasa bosan dengan aktivitas rutin harian, cobalah ambil liburan. Isilah dengan jalan-jalan. Nanti sambil jalan-jalan eh, ketemu ide bagus. Banyak loh contohnya. Saya sendiri baru tahu kalau rumah makan Bebek Belur, salah satu rumah makan ngehits di kalangan anak muda di Lampung, adalah hasil dari jalan-jalan ownernya. Jadi ceritanya, sang owner ini gagal berbisnis sampai akhirnya memutuskan untuk jalan-jalan ke luar Lampung, ke Jawa ceritanya untuk refresh pikiran. Eh, sepulangnya dari Jawa ia buka restoran Bebek Belur dan sukses besar..


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gara-Gara Up&Up Coldplay!!"

Post a Comment