Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Kisah Unik di Balik Penemuan Bisnis-Bisnis Yang Mendunia




Tanpa kita sadari kegiatan sehari-hari kita tidak terlepas dari benda-benda sederhana, seperti pena, peniti, kamera, bahkan hingga minuman coca-cola. Kadang-kadang kita tidak tahu bagaimana ya kisah penemuan benda-benda tersebut. Berikut ini adalah kisah unik di balik penemuan benda-benda yang lazim kita gunakan sehari-hari dan membuatnya menjadi bisnis yang terus berkembang hingga hari ini.


1. Roti Tawar/Sliced Bread



Roti potong atau sliced bread lebih dikenal dengan nama roti tawar di Indonesia. Pernahkah sobat berpikir bagaimana penemuannya? 

Roti tawar pertama kali ditemukan oleh seorang tukang roti bernama Otto Frederick Rohwedder. Sang baker memerlukan waktu hingga 15 tahun untuk penemuan roti ini dengan menyajikan potongan yang benar-benar sempurna sehingga dapat disajikan dengan menelungkupkannya. Namun tahukah sobat saat pertama kali diperkenalkan, potongan-potongan roti tawar itu dianggap aneh oleh konsumen.

Setelah bertahun-tahun kemudian muncullah Wonder Bread yang menawarkan potongan-potongan roti tawar yang lebih sempurna dari buatan Rohwedder. Sejak saat itu roti tawar telah mulai diterima keberadaannya. Terbukti saat perang dunia 2, para prajurit perang membawa roti tawar dan selai kacang sebagai olesannya sebagai bekal makanan.

Di Indonesia sendiri roti tawar sudah menjadi roti yang umum dan familiar di konsumsi. Bisnis roti tawar ini pun saat ini telah menjadi bisnis yang sangat menjanjikan dan banyak peminatnya serta menjadi salah satu jenis roti wajib di setiap toko roti.


2. Kacamata/Sunglasses




Kacamata yang difungsikan untuk melindungi mata dari sinar matahari memang sudah sangat lazim digunakan saat ini ya. Selain untuk melindungi mata penggunanya dari sengatan sinar matahari, tak jarang kacamata ini juga digunakan untuk tujuan fashion.

Tapi tahukah sobat dulunya nih sebelum ditemukan kacamata ini, orang-orang pada tahun 1300 sudah mulai menggunakan kaca berwarna yang menjadi cikal bakal lahirnya kacamata ini. Kaca berwarna ini akhirnya disempurnakan dan dimodernisasi dan diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan kacamata ternama di dunia yaitu Ray Ban. 

Ray Ban memperkenalkan kacamata ini pada tahun 1930an dengan tujuan yang sama yaitu untuk melindungi mata penggunanya dari sinar matahari. Tahukah sobat kalau nama Ray Ban itu diambil dari kata Ray yang berarti sinar matahari dan Ban yang berarti melarang.


3. Pena






Sebelum penemuan pena yang biasa kita gunakan sehari-hari, orang-orang dulu masih menggunakan tinda untuk tulis menulis. Tinda diisikan terlebih dulu di dalam sebuah tabung yang mirip pena untuk kemudian dapat dituliskan pada selembar kertas. Alat semacam ini kurang praktis dan cukup repot menggunakannya, belum lagi bila tinda pena belum kering, maka tulisan bisa hancur.

Sebenarnya ada banyak orang yang mencoba menemukan dan mengembangkan jenis pena paper-mate pen yang praktis untuk menulis ini. Namun berikut ini adalah salah satu kisah unik dari seorang penemu pena kertas modern.

Patrick J. Frawley adalah salah satu orang yang mencoba peruntungannya di bisnis pena praktis praktis ini. Ia pun mengembangkan sebuah pena dan memasarkannya dengan cara yang cukup unik. Ia mendatangi sebuah toko ritel alat tulis kantor. Di sana ia mendemokan penanya dengan cara membuat coretan pada kain yang kemudian kain tersebut dibolah balik dan ditimpa. Coretan pena dengan tinta akan langsung meluber, sedangkan coretan pena buatan Frawley tetap utuh di atas kain. Berkat demonya tersebut ia berhasil menarik minat orang-orang untuk membeli produknya. 


4. Jeans




Siapa tak kenal dengan Jeans? Ya celana yang namanya telah mendunia ini tentunya sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari. Semua orang pasti pernah memakai celana jeans atau bahkan memiliki banyak koleksi di dalam lemarinya.

Jeans pertama kali dipatenkan oleh Levi Strauss dengan nama merek Levi's. Sobat pasti sudah pernah mendengar kisahnya kan. Jadi ceritanya begini, Levi Strauss terinspirasi dari pakaian para pekerja tambang yang tahan dan awet. Bisa dibayangkan kan kalau pekerjaan di tambang pasti kasar. Namun Strauss keanehan karena pakaian yang dipakai penambang tersebut tidak mudah rusak. Lalu ia pun terinspirasi untuk menciptakan celana dengan bahan yang sama seperti yang digunakan para penambang.

Oh ya, apakah sobat pernah mendengar nama Jacob Devis? Ia adalah seorang penjahit yang menciptakan desain asli jeans Levi's. Ia dan Strauss akhirnya bekerja sama untuk mengembangkan bisnis celana jeans ini.

Levi's sendiri sekarang telah menjadi merek Internasional untuk celana jeans. Bahkan kalau di indonesia celana jeans sering disebut celana levis karena merek yang sudah amat melekat. Sampai saat ini bisnis celana jeans telah menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Mau bukti? Di Indonesia sendiri telah muncul banyak sekali merek da model celana jeans dari berbagai perusahaan. 


5. Keripik Kentang




Keripik kentang adalah keripik yang berbahan dasar kentang yang digoreng atau dipanggang dan ditambahi dengan bumbu-bumbu sehingga menghasilkan rasa renyah dan gurih.

Mungkin kita tidak pernah berpikir bagaimana keripik kentang ditemukan pertama kali. Mungkin kita berpikir kalau keripik kentangmungkin saja dulunya sudah dimasak oleh ibu-ibu rumah tangga dan disajikan untuk makana kudapan ringan sehari-hari. Namun itu salah. Penemuan keripik kentang berasal dari sebuah restoran.

Ada seorang chef bernama George Crums yang membuat kentang goreng untuk sajian restorannya. Namun kentang goreng buatannya bentuknya masih sangat tebal sehingga ketika disajikan menjadi kurang menarik. Karena masakannya ini ditolak berkali-kali oleh beberapa pelanggannya, ia kemudian memulai eksperimen untuk membuat kentang goreng yang lebih tipis untuk dapat dimakan menggunakan garpu.

Kentang goreng yang tipis dan renyah kemudian berhasil dibuat. Tebak bagaimana komentar para pelanggan restorannya? Mereka senang dengan kentang goreng buatan Crums. Akhirnya restoran pun meletakkan kentang goreng dalam menu utama sajian restoran mereka.

Saat ini keripik kentang telah menjadi makanan ringan yang amat digemari di seluruh dunia. Dengan rasa krispi dan gurih renyah kentang goreng banyak disukai orang. Kentang goreng bahkan saat ini di Indonesia telah tersaji dalam berbagai kemasan praktis dan diproduksi oleh perusahaan besar.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Unik di Balik Penemuan Bisnis-Bisnis Yang Mendunia "

Post a Comment