Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Membuat Nama Bisnis Yang Keren

Walaupun kata William Shakespeare: "Apalah arti sebuah nama", tapi saya yakin sebuah nama pastilah memiliki arti yang mendalam. Sebuah nama bisa mengingatkan kita pada seseorang, pada sebuah tempat, sebuah momen dan peristiwa. 

Nah, artikel hari ini akan ngomongin soal nama bisnis. Apa itu nama bisnis? Nama bisnis ya nama yang melekat alias dipakai di bisnis mu. Bisa berupa nama produk (yang tentunya akan menentukan posisinya di mata konsumen), atau bisa juga menyangkut lingkup yang lebih besar yaitu perusahaan (yang menyangkut bisnis secara keseluruhan).

Beberapa tahun yang lalu, atau mungkin masih ada di tahun-tahun sekarang yang masih menggunakan nama bisnis yang agak "tempo doeloe" hehe.. Nama bisnis seperti ini biasanya banyak digunakan oleh pengusaha-pengusaha zaman orang tua atau kakek nenek kita dulu. Misalnya nih, nama bisnis seperti:

"Jaya Abadi"

"Maju Bersama"

"Intan Sejahtera"

"Makmur Sentosa Abadi"



Terdengar sangat sangat familiar yah.. hehee.. Nah, nama-nama bisnis yang seperti ini "tempo doeloe" maksudnya sebenarnya tidak salah kok. Saat itu pasti generasi di atas kita ingin agar bisnisnya berjalan sebagaimana namanya. Ibarat kata nama=doa. Semacam itulah..

Namun, seiring waktu berlalu #tsahh.. nama-nama tadi buanyyaaaakkk sekali yang pakai. Toko dengan nama "Jaya Abadi" saja misalnya bisa ratusan jumlahnya se-Indonesia. Serius! Kalau sudah begini siapa yang repot coba? Kalau ada konsumen yang tanya atau yang browsing di mbah Google ngetik "Toko Jaya Abadi" terus pencarian yang keluar banyak banget. Nah lo?!

Syukurlah beberapa tahun belakangan ini sepertinya penggunaan nama bisnis yang unik, berbeda (baca: keren) sudah mulai banyak dipakai. Nama-nama yang di create anak muda ini kebanyakan fresh, berbeda, unik, dan pastinya satu-satunya.

Apalagi saat ini kan ada keperluan domain, jadi kalau ada nama bisnis yang domain (dot com) masih tersedia, wahh..beruntung banget.

Kaskus

Brodo

Evrawood

Zanana

Hijup

Perhatiin deh, namanya singkat-singkat tapi keren dan udah ngebranding! Kalau kita sebut Brodo, pasti orang langsung ngeh sepatu. Atau kalau kita ngomongin Evrawood pasti yang langsung terbayang produk tas. 



Terus bagaimana dong caranya supaya kita bisa buat nama yang keren untuk bisnis kita? Ok ini ada beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu bagaimana caranya membuat nama bisnis yang keren bin paten. Cekidot guys.. :)


Pakai Nama Yang Pendek



Yup, seperti contoh-contoh di atas, nama-nama bisnis yang keren itu pendek-pendek guys. Karena apa? Kalau pendek itu namanya lebih mudah diingat. Kalau namanya mudah diingat, konsumen cenderung menjadikannya referensi nomor wahid. 

Contohnya nih, mau beli keripik nih. Terus keinget tuh makan keripik pisang enak kemarin, "tapi apa ya mereknya?" (kebetulan mereknya 4 kata gitu keripik "maju kena mundur mentok" hehe). Kan susah ngingetnya. Bayangkan kalau namanya sesingkat "Zanana" yang merupakan plesetan dari kata "Banana". Oh iya, kemarin keripik "Zanana"! 


Nama Mudah Dituliskan

Selain nama yang pendek dan mudah, nama bisnis juga sebaiknya harus mudah dituliskan. Nah, berhubung kita tinggalnya di Indonesia dan bisnis kita juga banyakan di Indonesia (kecuali ada sobat yang bisnisnya sudah mancanegara..) sebaiknya pakai kata-kata yang orang Indonesia mudah nulisnya. Sebaiknya hindari kata-kata dari bahasa asing.

Contohnya, ada bisnis namanya Phearsons. Kan susah gitu ditulisnya. Bisa-bisa yang dengernya kalau disuruh tulis yang ditulis malah Pirson. Kan gak lucu. Atau jangan juga nama bisnis kayak alayers. Judulnya mau bikin nama bisnis keripik pisang, malah dibuat nama "Criepiecks Pizzankss" (OMG Tepok Jidat!)


Mampu Memunculkan Kesan 

Nah, kalau ini lebih ke feeling yang jalan kayaknya. Nama yang keren akan menimbulkan kesan yang sejalan dengan bisnis tersebut. Seperti contohnya nama "Joger" akan menimbulkan kesan sederhana dan usil. Persis sama seperti bisnisnya yaitu kaos dengan kata-kata unik. Atau kalau kita melihat nama bisnis "Forever 21" yang bergerak di bidang fashion kita pasti langsung mendapatkan feeling muda. Alias produk-produknya kekinian dan dipakai kawula muda. 




Cari Ketersediaan Nama Domainnya

Nama bisnisnya udah keren nih, singkat, mudah diucapkan, kesannya oke, terus selanjutnya adalah cek apakah nama tersebut domainnya masih tersedia. Seperti yang kita sudah bahas di atas ya, domain bisnis kan penting banget sekarang ini. Di zaman serba internet ini semua orang melakukan pencarian via internet. Dan harus dipastikan bisnis kita harus standby di sana. Salah satu caranya dengan memiliki nama domain yang sama dengan nama bisnis kita.

Bila nama bisnis yang sudah kita punya tadi sudah ada yang memiliki lebih dahulu. Lebih baik mencari nama yang lain. Apalagi kalau itu domain dengan eksistensi dot com. Misalnya, kita kepikiran nama bisnis keren : "Zapaya" karena mau bisnis keripik pepaya. Eh, pas dicari ternyata nama zapaya.com itu sudah ada yang punya. Terus kita paksain dengan beli domain za-pa-ya.com. Saran saya mendingan jangan. Kan gak lucu kalau ada yang nanya, alamat websitenya apa? za strip pa strip ya dot com. Ahhhh...

Ok, itu tadi tips-tips bagaimana membuat nama bisnis yang keren untuk bisnis sobat. Semoga membantu dan gak makin bingung wkwkwkk... :D


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Nama Bisnis Yang Keren"

Post a Comment