Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Kisah Henry Ford Yang Pernah Membuat Geger Industri Otomotif Dunia



"Aku akan membuat mobil untuk semua orang, yang harganya rendah, 
sehingga tak ada yang tak mampu membelinya" 
-Henry Ford


Penggalan kalimat di atas adalah kata-kata yang dilontarkan Henry Ford setahun sebelum meluncurkan mobil mobil T ciptaannya. Henry Ford adalah seorang pengusaha otomotif asal Amerika Serikat yang memiliki mimpi untuk membuat mobil model T yang mampu dijangkau semua kalangan.

Meskipun bertahun-tahun menjalankan bisnis otomotif dan selalu menghadapi kegagalan, namun Henry Ford adalah sosok yang gigih. Hingga pada tahun 1903 ia mendirikan perusahaan otomotifnya sendiri yaitu Ford Motor Company di Michigan.

Pabrik mobil Ford awalnya hanya memproduksi beberapa mobil saja per hari dengan dua sampai tiga orang karyawan. Pada saat itu, ada lebih dari 50 perusahaan sejenis Ford Motor Company yang juga sama-sama ingin mendapatkan pasar. Para pemodal Henry Ford pun kemudian membujuknya untuk memproduksi mobil untuk kalangan atas saja.

Namun Henry Ford menolak mentah-mentah ide tersebut. Perusahaan yang didirikannya adalah bentuk mimpinya untuk memproduksi mobil bagi semua kalangan. Henry Ford berpikir orang-orang yang bekerja merakit mobil juga harus mampu membeli mobil yang dirakitnya. Sehingga pada minggu sore mereka bisa berjalan-jalan dengan keluarga mereka. Sungguh sebuah cita-cita yang ndah ya sobat.. :)

Tahun 1908, Ford pun mulai merilis mobil Model T, yang merupakan cikal bakal Henry Ford menjadi Bapak Industri Amerika Abad 20. Mobil Model T ini selain harganya yang rendah juga memiliki kelebihan gampang dikemudikan, mudah dirawat, dan sanggup melintasi jalan yang berat.

Mobil Model T Henry Ford

Hanya dalam waktu 10 tahun saja, lebih dari separuh mobil yang ada di jalanan Amerika saat itu adalah mobil model T buatan Ford. Dan setelah 19 tahun diperkenalkan untuk pertama kali, mobil model T ini telah berhasil terjual lebih dari 15 juta di Amerika saja. Mobil model T ini juga dipasarkan di Inggris dan Kanada dan menjadi primadona di sana. Cita-cita Henry Ford menjadikan mobil tidak lagi menjadi kendaraan kaum kaya pun tercapai sudah. 

Ada sebuah kisah unik di mana Henry Ford sempat membuat geger industri otomotif. Pada tahun 1913 Ford memperkenalkan sistem assembly line yaitu sebuah sistem ban berjalan. Sistem inimembuat pekerja tidak lagi berkumpul mengerjakan satu mobil hingga selesai, melainkan tetap berada di wilayah kerja mereka masing-masing dengan menambahkan komponen-komponen yang melintas di depan mereka.

Saat itu sistem ini masih tergolong sangat baru dan baru perusahaan Ford sajalah yang menggunakannya. Alhasil sisitem assembly line ini berhasil memangkas waktu pengerjaan sebuah mobil yang awalnya memakan waktu 12 jam, menjadi hanya 93 menit saja.

Jadi satu tahun kemudian, Henry Ford pun menetapkan upah minimum 5 dollar per hari di pabriknya, saat perusahaan lain mengganji karyawannya 2,3 dollar per 9 jam bekerja. Bukan hanya itu, Ford juga memotong jam kerja karyawannya menjadi 8 jam per hari dengan sistem 3 shift. Bikin merinding.com yaa..

Kebijakannya yang membuat geger industri otomotif itu pun akhirnya membuat industri berubah. Orang-orang berbondong-bondong pindah ke kota untuk mencari pekerjaan yang memberikan mereka gaji yang cukup dan juga waktu luang. Siapa pun yang datang ke Detroit dan bekerja di perusahaan Ford berarti akan bisa membeli mobil sendiri.

Oh ya ada satu quote yang paling saya suka dari seorang Henry Ford, ini dia quotenya:


Inspiratif Yaaa...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Henry Ford Yang Pernah Membuat Geger Industri Otomotif Dunia"

Post a Comment