Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Perlukah Lokasi Bisnis Yang Strategis Saat Ini?



Pagi-pagi buka email dari Mas Jaya Setiabudi. Isinya tentang perlukah lokasi strategis untuk bisnis kita di zaman sekarang ini? Hmm.. jadi mikir.

Beberapa tahun yang lalu, saat internet dan bisnis online belum "menyerang" Indonesia, lokasi tempat usaha seperti toko, ruko, dan kios adalah Number One alias penting banget. Bagaimana tidak, lokasi toko berarti nafas bagi toko tersebut. 

Lokasi adalah saluran distribusi dan juga promosi sekaligus. Lokasi yang bagus berarti kesempatan untuk dilihat dan dikunjungi konsumen lebih besar. Maka tak heran jika harga properti macam ruko, toko, kios, dan semacamnya bila lokasinya strategis maka harganya pun akan melambung tinggi. Sehingga untuk orang-orang yang ingin berbisnis namun modal pas-pasan sepertinya agak sulit untuk menyewa lokasi yang seperti itu.

Namun saat ini apakah lokasi yang strategis masih masih berlaku?

Beberapa tahun belakangan ini saya melakukan pengamatan kecil-kecilan hehee.. Percaya atau tidak namun hampir separuh pengusaha yang dahulunya berjualan dengan menyewa tempat di pinggir jalan, di mall, dan menyewa space di supermarket saat ini telah beralih jualan di rumah!

Lah terus apakah laku? Bukannya jualan di mall atau pinggir jalan jauh lebih ramai? Kenyataannya adalah Alhamdulillah orderannya saat ini justru lebih besar ketimbang dulu dia buka di mall. Lah kok bisa?

Itulah kekuatan internet. Kebetulan yang saya jadikan contoh ini adalah seorang ibu rumah tangga yang berjualan cemilan sehat. Awalnya ia membuka booth di sebuah mall besar di Bandar Lampung. Tentu sewa spacenya sangat mahal. 

Nah, beberapa bulan yang lalu ia memutuskan untuk tidak lagi menyewa di sana karena ternyata orderan via Instagramnya justru lebih banyak dibandingkan dengan di mall. Apalagi menurutnya berjualan di mall tidak sesuai antara biaya sewa, gaji karyawan dan lain-lain yang harus dikeluarkannya dibandingkan dengan omzet yang didapat.

Inilah yang disebut dengan Revolusi Saluran Distribusi dan Promosi.

Saat ini kita mengenal banyak ecommerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, OLX, yang membantu orang-orang dapat berjualan dengan mudah tanpa harus buka toko atau memiliki toko. Lokasi tempat jualanmu tidak startegis? Tenang saja ada Gojek, Grab, dan teman-temannya. Lokasi yang berjauhan juga dapat dijangkau oleh ekspedisi pengiriman macam JNE, Tiki, dan Pos. 

Jika netizen alias pengguna internet saat ini yang tertua berusia 45 tahun, maka dapat dipastikan 20 tahun yang akan datang seluruh penduduk Indonesia akan full online. Bisa dibayangkan betapa besar potensi pasar mengingat jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, yang bahkan masuk 5 besar jumlah penduduk terbesar di dunia.

Kelak bisnis rumahan akan bersaing sejajar dengan bisnis besar pemilik lokasi strategis macam Pizza Hut atau McDonald. Kalau sudah begitu sepertinya investasi akan bergesar. Dari pada sewa tempat startegis yang mahal, lebih baik investasi di teknologi...


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Perlukah Lokasi Bisnis Yang Strategis Saat Ini?"

  1. Betul-betul....dengan koneksi internet siapa aja dan dimana saja bisa dengan mudah berjualan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiipp.. membuka peluang bagi siapa saja yang ingin berjualan ya.

      Delete