Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Blog Motivasi Bisnis Inspirasi

Ray Kroc, Mengembangkan Bisnis Sederhana Hingga Ke Seluruh Dunia





"Aku sudah 52 tahun. Aku punya diabetes, dan mulai kena encok. Aku sudah kehilangan kantong empeduku dan sudah kehilangan sebagian besar kelenjar tiroidku saat mulai mengampanyekan ideku, tapi aku yakin akan datangnya hal terbaik"
-Ray Kroc-

Siapa yang tidak mengenal McDonald's? Jaringan waralaba makanan cepat saji yang berasal dari Amerika Serikat ini telah merambah keseluruh dunia dengan sangat cepat sejak didirikan pertama kali oleh pendirinya yaitu Ray Kroc. Namun tahukah sobat, Ray Kroc memulai bisnis burger ini di usianya yang ke 52 tahun?

Ray Kroc memulai karirnya sebagai seorang penjual mixer. Ia menjual mixer selama 20 tahun setelah sebelumnya pernah melamar menjadi seorang supir ambulans di Palang Merah pada perang dunia. Tahukah sobat kalau Ray Kroc bertemu dengan Walter Disney, pencipta Disney di Palang Merah tersebut dan menjadi sahabat sejak saat itu.

Nah, Ray Kroc yang menjadi salesman mixer ini mendatangi sebuah restoran suatu hari di tahun 1954. Restoran itu terletak di San Bernardino, California dan dimiliki oleh dua orang bersaudara Dick dan Mac McDonald. Dari restoran itu, Ray menerima orderan mixer sebanyak 8 buah.

Saat di restoran, Ray melihat kedelapan buah mixer yang dijualnya pada restoran tadi terus mengaduk adonan sepanjang waktu. Restoran itu memiliki bisnis yang hebat pikir Ray. Ia sangat terkesan dengan cara kerja restoran tersebut. Di restoran itu, kedua bersaudara tadi hanya menjual sedikit sekali menu yaitu: hamburger, cheeseburger, kentang goreng, minuman ringan, dan milk shake. Namun semuanya dijual dengan harga terjangkau.

Saat itu, tren makan di Amerika memang sedang mengalami perubahan. Orang-orang lebih suka makan di luar dengan terburu-buru. Ray Kroc yang jeli melihat peluang ini melihat bahwa ada kesempatan bisnis restoran jenis baru, di mana pelanggan menginginkan restoran yang sederhana, tidak rumit, tidak perlu menunggu lama, dan tentu saja harganya murah.

Ray Kroc yang memang telah jatuh hati pada restoran dua bersaudara tadi, akhirnya membujuk mereka untuk menjual restorannya. Dengan membayar 2,7 juta dollar, restoran itu akhirnya menjadi milik Ray Kroc dan dinamai McDonalds.

Restoran Pertama McDonalds tahun 1955

Hanya memerlukan waktu dua tahun saja sejak restoran menjadi milik Ray Kroc, McDonalds telah mampu menjual 1 milyar burger dan membuka 500 restoran. Saat ini McDonalds telah menyebar hingga ke lebih dari 100 negara di dunia.

Bisnis restoran cepat saji memang bukanlah bisnis yang baru sebenarnya. Namun melalui bisnis dan ide sederhana, Ray Kroc mampu mengembangkan bisnisnya hingga ke seluruh penjuru dunia. Ia berhasil menangkap konsep sederhana dari perkembangan masyarakat yang kompleks di depannya. Dan satu hal lagi, Ray Kroc berhasil mambangun dan mengembangkan McDonalds ketika usianya tidak muda lagi, 52 tahun.

Jika Ray Kroc saja bisa begitu bersemangat memulai bisnis di usia yang telah menginjak tua, kita yang jauh lebih muda seharusnya lebih bersemangat yaa...



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ray Kroc, Mengembangkan Bisnis Sederhana Hingga Ke Seluruh Dunia"

Post a Comment